Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

Daftar Isi [Tampil]

Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi - Pernah mendengar kan, jurusan ilmu komunikasi? Pasti pernah dong!

Prospek kerja jurusan ilmu komunikasi
Gambar dari unair.ac.id

Nah, ilmu komunikasi sendiri merupakan jurusan yang mempelajari mengenai cara manusia interaksi dan komunikasi dengan baik. Ada bentuk komunikasi manusia. Pertama komunikasi verbal. Kedua komunikasi non-verbal.

Berbicara tentang jurusan kuliah, pembahasannya pasti tak jauh dengan prospek kerja setelah lulus nanti. Bahkan para lulusan Ilmu Komunikasi ada yang masih bingung ingin menggeluti profesi apa usai lulus dan wisuda.

Peluang Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

Sebenarnya apa aja sih, peluang kerja jurusan Ilmu Komunikasi setelah lulus kuliah nanti?

Yuk simak beberapa ulasan di bawah ini mengenai prospek kerja jurusan ilmu komunikasi yang menjanjikan.

1. Bekerja di Layanan Konsumen

Prospek kerja pertana yang mungkin bisa dijadikan peluanh untuk para lulusan Ilmu Komunikasi yaitu bekerja di layanan konsumen. Tepatnya menjadi pelayan konsumen produk tertentu. 

Namanya berhubungan dengan layanan, tentu saja butuh kesabaran tinggi dalam menghadapi berbagai macam pelanggan. Selain itu, kamu juga harus tanggap dan pandai menjadi seorang pendengar. Untuk gajinya lumayan. Bahkan di beberapa perusahaan memberikan gaji besar dan memuaskan.

2. Bekerja di Industri Media

Prospek kerja bagi kamu para lulusan Ilmu Komunikasi selanjutnya yaitu kamu juga mendapatkan kesempatan bekerja di industri media. Kelebihan yang harus kamu miliki kalau kamu memutuskan terjun di industri komunikasi adalah kamu harus memiliki keahlian komunikasi yang baik.

Jika kamu tertarik di budang industri media, sejak awal kamu harus mencoba mengambil magang di perusahaan media.

3. Bekerja di Event Organizer (EO)

Siapa bilang lulusan Ilmu Komunikasi tidak bisa berkecimpung di bidang EO? Biasanya EO seperti ini nantinya mengadakan acara atau event tertentu. Dan anak lulusan Ilmu Komunikasi sangat dibutuhkan dalam event seperti ini.

Jika kamu tertarik bekerja. di event organizer seperti ini, kamu harus mengasah dan mengembangkan lagi bakatmu. Seperti kamu harus memperbanyak lagi portofolio dalam kepengurusan event, ikut banyak organisasi dan masih banyak lagi.

Untuk berkecimpung di dunia EO, kamu harus mengetahui banyak hal mengenai EO seperti vendor, layanan klien hingga tamu undangan yang hadir.

4. Menjadi Seorang Business Analyst

Biasanya, para perusahaan yang ingin menciptakan produk tertentu, serta promosi yang sukses, tentunya mereka. membutuhkan yang namanya business analyst atau analis bisnis. Tugas analis bisnis ini adalah meriset dan menganalisis tentang pasar dan peluang bisnis. 

Nah, ini bisa menjadi peluang emas untuk para lulusan Ilmu Komunikasi. Tertarik bekerja di bidang analis bisnis ini? Nah, jika iya ada baiknya kamu meningkatkan pemahamanmu mengenai finansial, budgeting, teknologi hingga komunikasi data.

5. Bekerja di Bidang Sales

Prospek kerja jurusan Ilmu Komunikasi selanjutnya yaitu kamu berkesempatan bekerja di bidang sales. Selain salesperson, sales juga disebut dengan sales representative, sales agen. hingga account executive

Jika kamu tertarik bekerja di bidang persalesan, kamu harus memiliki empati yang tinggi, memiliki jiwa sosial yang tinggi dan juga mudah beradaptasi.

Apakah kamu juga termasuk lulusan komunikasi yang tertarik di bidang profesi sales?

6. Bekerja di Advertising

Buat kamu para lulusan Ilmu Komunikasi, kamu juga bisa bekerja di bidang advertasing atau periklanan. Jika kamu tertarik, sebaiknya sejak sekarang perbaiki portofoliomu, juga banyak-banyak membangun relasi. Tugas utamamu adalah membawa audience ke pasar yang sejalur dan tepat sasaran.

Itulah beberapa peluang kerja jurusan Ilmu Komunikasi yang bisa kamu geluti setelah menjadi sarjanan nanti.

Dan bagi kamu yang baru lulus SLTA tidak usah ragu lagi mengambil jurusan Ilmu Komunikasi. Sebab, jurusan ini memiliki peluang kerja yang terbuka lebar.

Nah, kira-kira kamu tertarik menjadi apa nih setelah menjadi sarjana Ilmu Komunikasi?