Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Farmasi

Daftar Isi [Tampil]

Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Farmasi - Jurusan Farmasi merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati. Terutama yang sudah mengenyam pendidikan SMK Farmasi, rata-rata mereka meneruskan S1 ke jurusan farmasi lagi. Tentu, dengan tujuan agar lebih linier.

Prospek kerja jurusan farmasi
Gambar dari ukb.ac.id

Namun, bagi kamu yang lulusan SMA atau MA, mungkin sedikit awam dengan jurusan Farmasi. Sebab, tidak tau prospek kerja kedepannya akan menjadi apa.

Peluang Kerja Jurusan Farmasi

Farmasi merupakan jurusan yang mempelajari seputar obat-obatan. Sehingga pekerjaannya selalu bekerjasama dengan dokter yang paham tentang resep obat.

Lalu, apa saja sih peluang kerja jurusan farmasi setelah lulus kuliah nanti?

Berikut ini adalah 7 prospek kerja jurusan farmasi yang bisa kamu jadikan untuk merintis karier.

1. Menjadi Apoteker

Peluang kerja yang pertama untuk sarjana Farmasi adalah menjadi apoteker. Kamu bisa menjadi apoteker di berbagai macam apotek. Baik apotek milik perorangan atau apotek-apotek yang ada di rumah sakit besar.

Menjadi apoteker merupakan peluang kerja yang menjanjikan. Sebab, gaji seorang apoteker terbilang lumayan besar.

2. Menjadi Penyuluh Kesehatan

Kementrian kesehatan biasanya selalu mengadakan program penyuluhan kesehatan terhadap masyarakat. Nah, penyuluhan kesehatan ini dilaksanakan oleh penyuluh kesehatan yang sudah ditugasi oleh Kementrian Kesehatan.

Seorang apoteker juga sangat perpotensi menjadi tenaga penyuluh kesehatan yang tugasnya memberikan arahan terhadap masyarakat untuk membiasakan pola hidup sehat. 

Selain itu seorang penyuluh kesehatan juga bertugas menganalisa data-data kesehatan yang ada di masyarakat. Prospek kerja jurusan farmasi untuk menjadi penyuluh kesehatan sangat terbuka luas, terutama bagi lulusan farmasi dan kesehatan.

3. Menjadi Konsultan Kecantikan

Sarjana lulusan farmasi juga bisa bekerja menjadi konsutan kecantikan. Seorang konsultan kecantikan tugasnya mengarahkan konsumen agar bisa menggunakan treatment kecantikan dengan benar.

Selain itu ia juga memberikan layanan kosnsultasi dan memberikan tips kepada konsumen yang membutuhkannya. Konsultan kecantikan juga biasanya kadang memberikan tutorial seputar penggunaan makeup dan perawatan wajah lainnya.

Konsultan kecantikan merupakan peluang kerja jurusan farmasi yang bisa kamu pilih setelah lulus nanti. Khususnya untuk para wanita yang gemar dengan dunia kecantikan.

4. Menjadi Terapis Kecantikan

Selain menjadi konsultan kecantikan prospek kerja jurusan farmasi juga bisa menjadi terapis kecantikan. Seorang terapis kecantikan tugasnya adalah terjun langsung memberikan treatment kepada pelanggan.

Saat ini banyak wanita yang sadar bahwa perawatan kecantikan adalah sebuah kebutuhan, sehingga bagi kamu lulusan farmasi sangat berpotensi menjadi terapis kecantikan.

5. Menjadi Staf Administrasi Pelayanan Obat

Jika apoteker terjun langsung menyiapkan obat berdasrkan resep dokter. Maka staf administrasi pelayanan obat adalah seseorang yang tugasnya memanage administasi apotek.

Sehingga tugasnya adalah mencatat ketersediaan obat, menentukan penyimpanan obat dan mendata semuanya yang berkaitan dengan berkas-berkas yang ada di apotek. Setelah lulus nanti kamu bisa menjadi staf administrasi pelayanan obat, baik di apotik swasta ataupun di apotik milik pemerintah.

6. Menjadi Pegawai Negeri Sipil

Prospek kerja jurusan farmasi berikutnya adalah menjadi PNS atau Pegawai Negeri Sipil. Nah, lulusan farmasi bisa menjadi PNS di bawah naungan Kementrian Kesehatan.

Saat ini, sangat banyak formasi yang cocok untuk lulusan farmasi baik di Kementrian Kesehatan ataupun di Dinas Kesehatan tingkat daerah.

Menjadi PNS merupakan profesi yang didambakan banyak orang. Sebab PNS memiliki gaji pokok dan tunjangan. Selain itu PNS juga bisa mendapatkan gaji pensiunan.

7. Menjadi Tenaga Pengajar (Dosen)

Terakhir, yang menjadi peluang kerja jurusan farmasi adalah menjadi tenaga pengajar alias Dosen. Profesi sebagai dosen juga merupakan profesi yang menjanjikan. Sebab ada jenjang karier yang bisa kamu tempuh.

Untuk menjadi dosen, setelah S1 kamu harus melanjutkan kulias S2. Sebab, biasanya yang bisa menjadi dosen, minimalnya adalah lulusan S2.

Setelah Lulus Dari Jurusan Farmasi

Setelah lulus kuliah dari jurusan Farmasi nanti, kamu bisa memilih profesi yang sudah dijelaskan di atas. Pilihlah yang paling kamu minati.

Kemudian, bagi kamu yang baru lulus dari SLTA, tidak usah ragu lagi untuk memilih jurusan Farmasi. Sebab jurusan Farmasi ini memiliki peluang kerja yang terbuka lebar.

Itulah pembahasan tentang prospek kerja jurusan farmasi yang bisa kamu pilih setelah lulus kuliah nanti. Bagaimana menarik, kan? Kira-kira kamu ingin menjadi apa?