Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Bisnis Homestay Penginapan, Untung Melimpah

Daftar Isi [Tampil]

Peluang Bisnis Homestay Penginapan, Untung Melimpah - Tahukah kamu berbisnis homestay di zaman sekarang menjadi hal yang sangat menguntungkan? Pasalnya, homestay memberikan harga yang terjangkau.

Peluang bisnis homestay penginapan
Gambar dari booking.com

Berbeda dengan hotel, homestay memiliki suasana yang hommy, harganya tidak terlalu mahal layaknya hotel bintang lima namun pelayanannya tidak jauh berbeda dengan hotel-hotel berbintang. 

Homestay sendiri memberikan berbagi fasilitas yang lengkap. Seperti misalnya kolam renang, tempat tidur nyaman, kamar mandi hingga fasilitas lain yang mungkin bisa dinikmati. 

Biasanya orang-orang yang sedang liburan keluarga atau liburan bareng teman-teman, mereka lebih memilih untuk berada di homestay daripada di hotel. Jadi tidak perlu kerepotan memesan banyak kamar karena sudah seperti menyewa satu rumah.

Apalagi zaman sekarang kebutuhan wisata atau travelling seperti sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang. Berbisnis homestay menjadi hal yang sangat berpotensi untuk dilakukan, bukan? Perjalanan kerja atau bisnis seringnya juga lebih memilih homestay daripada hotel karena lebih nyaman.

Memang sih, modal membangun bisnis homestay ini cukup besar. Tapi jangan salah loh. Jika bisnis sudah berjalan dengan baik, modal tersebut akan kembali dengan jumlah yang lebih memuaskan pokoknya deh!

Lalu, apa saja peluang bisnis homestay penginapan yang perlu diketahui?

Yuk simak baik-baik mengenai beberapa peluang bisnis usaha homestay penginapan yang akan menghasilkan untung besar kepada kita.

1. Tarif Harga Bisa Ditentukan Sendiri

Hal pertama yang perlu kita ketahui mengenai peluang bisnis homestay penginapan adalah bahwa tarif untuk penginapan biasanya menyesuaikan dengan fasilitas yang telah disediakan. Dan tentu saja kita bisa memasang tarif kita sendiri.

Agar mendapat untung banyak, kamu bisa memasang tarif yang tidak terlalu murah, tapi juga tidak terlalu tinggi. Jadi orang akan berbondong-bondong untuk menginap di tempatmu.

2. Homestay Mulai Dicari Banyak Orang

Di zaman yang mulai marak tempa-tempat liburan dan tempat wisata seperti sekarang, homestay menjadi salah satu hal yang mulai dicari banyak orang. Kalau kamu tahu, bahkan sekarang banyak orang yang lebih memilih jalan-jalan di luar kota saja daripada shopping atau berbelanja di mall.

Apalagi yang di luar kota. Mereka lebih memilih untuk menepi sejenak dari ramai dan kelipnya kota yang tidak pernah mati. Mencari tempat hening dengan menginap di homestay adalah hal yang mereka cari.

3. Homestay Lebih Efektif Dibanding Hotel

Peluang bisnis homestay penginapan berikutnya adalah bahwa homestay lebih efektif dibandingkan dengan hotel. Saat sekelompok orang liburan bersama, mereka tentu saja akan lebih memilih homestay dibandingkan dengan hotel.

Jika memilih hotel, pastinya akan lebih repot karena harus mencari kamar yang berdekatan. Jika tidak ada kamar yang berdekatan atau bahkan kekurangan kamar, mereka akan berpisah dan malah akan membuat repot sendiri. 

Jadi alternative paling tepat agar efektif dalam memilih penginapan adalah dengan memilih homestay.

4. Menjadi Pemasukan Tetap

Hal ini sangat mungkin karena memiliki homestay sama artinya dengan menciptakan pemasukan rutin dan tetap. Karena perputaran uangnya sangat cepat, menjadikan pemasukan juga cepat. Apalagi jika homestay tempatmu ramai pengunjung wisata, tentu saja akan lebih banyak keuntungannya.

5. Return Bisnis Homestay Cenderung Cepat

Peluang bisnis homestay penginapan memang sangat besar. Ini tidak bisa dipungkiri. Bayangkan saja jika perhari orang memesan homestay milik kita. Jika kamu memasang harga 2 juta perbulan, misalnya. Dan jika modalmu adalah 50 juta. 

Nah, uangnya akan kembali dalam waktu sekitar 25 hari saja. Tentu saja ini sudah bisa dibilang cepat karena tidak ada sebulan sudah balik modal. Dibandingkan dengan kontrakan rumah yang seringnya perbulan atau pertahun, homestay tentu lebih menjanjikan karena dihitungnya harian atau mingguan. Apalagi homestay dicari banyak orang.

6. Bisa Diperluas Lokasinya

Jika kamu sudah balik modal dan mendapat untung banyak dari bisnis homestay ini, jangan ragu untuk membangun penginapan berikutnya di lokasi lain. Sebab, tentunya akan mendapat keuntungan yang lebih tinggi.

Sebab, kalau sudah yakin, tentu bisnismu akan berkembang pesat. Apalagi penginapan itu adalah bisnis yang tidak ada habisnya. Hanya modal awal membangun saja.

Itulah beberapa peluang bisnis homestay penginapan yang bisa menghasilkan keuntungan banyak. Jangan lupa untuk tetap memberikan pelayanan terbaik dan friendly untuk para pengunjung, ya. Sebab, pelayanan adalah nomor satu. Semoga artikel ini bermanfaat!