Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Bisnis Ayam Geprek, Bisnis yang Menjanjikan

Daftar Isi [Tampil]

Peluang Bisnis Ayam Geprek, Bisnis yang Menjanjikan - Siapa sih, yang nggak kenal dengan kuliner ayam geprek? Semua orang pasti sudah tak asing lagi mendengar kuliner bernama ayam geprek. 

Peluang bisnis ayam geprek
Gambar dari pergikuliner.com

Berbicara kuliner, ayam geprek kini masih menjadi salah satu kuliner primadona di kalangan masyarakat. Tak salah jika berbisnis ayam geprek berpeluang tinggi sukses dan menguntungkan di masa depan. 

Ayam geprek sendiri awalnya muncul dari sebuah warung makan di Yogyakarta, Ayam Geprek Bu Rum. Seorang mahasiswa meminta Bu Rum untuk membuatkan menu berupa ayam yang dipadu dengan sambal. Sejak itulah, menu ayam geprek muncul. Tepatnya pada tahun 2003 silam.

Peluang Usaha Ayam Geprek

Kembali kepada pembahasan mengenai peluang usaha ayam geprek. Dilihat dari data GoJek pada tahun 2019 lalu, ternyata ada sebanyak 300 juta porsi ayam geprek yang terjual di GoFood. Padahal ini belum penjualan di outlet-outlet dan warung geprek yang offline, loh! 

Apa yang membuat bisnis ayam geprek semakin laris? Tentu saja karena setiap orang mutlak butuh yang namanya makan. Pula, makanan yang difavoritkan orang Indonesia adalah makanan yang pedas-pedas. 

Dan makanan jenis ini mencakup semua jenis pasar. Tua ataupun muda, elit atau biasa, hingga menengah ke bawah pun semua bisa menjangkaunya.

Sampai pada tahun 2020 juga, bahkan ayam geprek masih memiliki peluang tinggi laris manis. Walaupun dengan keadaan ekonomi yang melemah, bisnis makanan terutama geprek, tetap saja laris dan hampir tidak ada matinya. 

Lalu, apa saja sih keuntungan bisnis ayam geprek dibanding bisnis yang lainnya?

Berikut adalah penjelasan mengenai peluang bisnis ayam geprek yang bisa menjadi alasan untuk memulai bisnis ayam geprek:

1. Bisnis Ayam Geprek Bukan Bisnis Musiman

Peluang yang pertama yang perlu kamu ketahui yaitu bahwa bisnis ayam geprek bukan sekadar bisnis musiman seperti bisnis lain. Misalnya seperti bisnis indomie donat, bisnis minuman-minuman hits dan bisnis musiman sejenis. 

Di pembukaan telah dijelaskan sekilas. Bahwa semua orang pasti butuh yang namanya makan. Dan tipe lidah masyarakat Indonesia itu, adalah tipe lidah yang suka masakan pedas-pedas. Tak terkecuali ayam geprek ini. 

Nah, oleh sebab alasan inilah, yang menjadikan ayam geprek menjadi bisnis yang tidak ada matinya alias, bukan bisnis musiman.

2. Variasi Menu Ayam Geprek Mudah Dibikin Inovasi

Peluang bisnis ayam geprek berikutnya adalah bahwa ayam geprek sendiri merupakan satu jenis kuliner yang variasi menunya bisa dibikin inovasi. 

Misalnya saja seperti outlet-outlet ayam geprek Bensu yang tersebar di seluruh Indonesia. Seperti ayam geprek mozarella, ayam geprek keju, ayam, geprek sambal matah bahkan ada pula ayam geprek telur asin yang kelezatannya tiada banding. 

Jadi jelas sekali. Bahwa ayam geprek menjadi kuliner yang mudah diinovasi atau mungkin dimodifikasi sedemikian rupa. 

3. Potensi Pasar Ayam Geprek Luas

Tak dipungkiri, ayam geprek merupakan makanan yang disantap oleh hampir seluruh kalangan. Mulai dari anak kecil, anak-anak remaja atau milenial atau bahkan orang tua juga sangat doyan dengan ayam geprek. 

Dengan kata lain, potensi pasar yang dijangkau ayam geprek sangatlah luas. Sebab, rasanya yang maknyus dengan harga yang sangat terjangkau membuat ayam geprek difavoritkan oleh hampir seluruh kalangan. 

4. Pengolahan Ayam Geprek Mudah

Aku kira hampir setiap orang bisa membuat ayam geprek. Sebab, ayam geprek merupakan kuliner yang pengolahannya tidak serumit pengolahan kuliner lain. Seperti misal soto, bakso dan kuliner sejenis yang bisa dibilang, susah untuk mengolahnya.

Ayam geprek tinggal digoreng saja bersama bumbu tepung. Lalu nantinya digeprek bersama sambal yang bahannya terdiri. dari cabe, bawang putih dan garam secukupnya. 

Kesimpulan

Demikian penjelasan aku mengenai peluang bisnis ayam geprek. Mungkin saja kamu sekarang ingin merencanakan berbisnis ayam geprek. Semoga penjelasan ini membuka wawasanmu, ya, mengenai peluang bisnis kuliner ayam geprek!