Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Komponen Bisnis Online dan Cara Memaksimalkannya

Daftar Isi [Tampil]

Komponen Bisnis Online dan Cara Memaksimalkannya - Saat ini, bisnis online merupakan salah satu bisnis yang bisa menjanjikan keuntungan besar. Selain mudah dilakukan, bisnis online memiliki jangkauan pasar yang luas.

Komponen bisnis online

Sehingga tak aneh, jika banyak yang melakukan bisnis online di era digital ini. Baik bisnis online menjadi freelancer, jualan di website, jualan di market place ataupun berbisnis menggunakan media sosial.

Dan beragam bisnis yang bisa dilakukan secara online mulai dari produk kecantikan, aneka jasa dan pelayanan, kelas online hingga menjual produk digital.

Apapun bisnis onlinenya, tentu memiliki komponen utaman yang harus diperhatikan. Dengan komponen tersebut, bisnis bisa berjalan dengan baik, lancar dan menguntungkan.

Apa saja komponen terpenting yang harus ada pada bisnis online?

Berikut ini akan aku bahas 6 komponen bisnis online dan cara memaksimalkannya:

1. Strategy

Komponen utama yang paling penting adalah sebuah strategi. Apapun bisnisnya, yang harus dipersiapkan sebelum memulai bisnis adalah membuat sebuah strategi.

Pembuatan strategi ini mencakup semua aspek. Mulai dari penentuan produk, pentuan target pasar, hingga pencapaian keuntungan yang ingin diraih. Tak lupa, modal yang akan digunakan.

Semuanya harus tersusun dengan rapih, dan dicatat dengan detail. Baik dicatat secara manual di buku tuis. Atau diketik di menggunakan aplikasi pengolah dokumen.

Intinya pembuatan strategi harus dibuat dengan matang. Sehingga ketika memulai bisnis, kamu memiliki acuan dalam mengembangkan produk.

2. Product

Komponen bisnis online yang berikutnya adalah adanya produk unggulan. Nah, produk ini merupakan barang atau jasa yang nantinya akan dijual secara masal kepada konsumen.

Sehingga pembuatan produk haruslah dipikirkan dengan matang. Ketika kamu memproduksi sebuah produk maka harus juga meninjau beberapa aspek. Misalnya saja:

  • Adakah yang menginginkan produk tersebut?
  • Siapa target pasar untuk produk tersebut?
  • Berapa harga produknya?
  • Bagaimana dengan kualitas produknya?

Dan beberapa aspek lainnya, yang kedepannya menjadi ujung tombak untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya.

3. Value Add

Value Add atau nilai tambah juga penting. Suatu produk yang akan diproduksi harus memiliki nilai tambah. Sehingga menjadi pembeda dengan produk lainnya.

Banyak aspek yang bisa menjadi nilai tambah, ini tergantung produk apa yang akan kamu tawarkan. Misalnya saja:

  • Nilai tambah pada kualitasnya yang bagus
  • Nilai tambah pada pengemasannya
  • Nilai tambah dari harganya yang murah
  • Nilai tambah karena produk diproduksi terbatas.

Atau nilai tambah lainnya yang bisa memikat para audience, sehingga kamu bisa bersaing dengan produk sejenis. Alias bersaing dengan para kompetitor.

4. Platform

Platform merupakan komponen bisnis online yang wajib ada. Sebab, semua produk yang sudah diproduksi pasti dipasarkan pada sebuah platform.

Pilihlah platform yang sesuai dengan produk yang akan dipasarkan. Berikut ini beberapa platform yang bisa digunakan:

  • Media sosial
  • Website
  • Marketplace.

Kamu bisa menggunakan salah satu dari platform tersebut. Namun, jika memiliki tim yang solid maka jangan ragu untuk menggunakan ketiga platform tersebut secara bersamaan untuk menjalankan bisnis online. Dan jika kamu seorang pemula, alangkah baiknya fokus di salah satu platform saja.

5. Audience

Audience merupakan pemirsa yang dibidik sebagai target calon konsumen. Nah, mereka merupakan calon pelanggan yang akan menggunakan produk kita. Dan ini merupakan komponen utama yang harus ada pada bisnis online.

Untuk mendapatkan audience yang banyak, ada beberapa cara yang bisa digunakan. Misalnya saja dengan memanfaatkan optimasi SEO atau mesin pencari. Atau kamu juga bisa memanfaatkan beberapa fasilitas iklan. Baik iklan yang gratisan ataupun iklan berbayar di media sosial.

6. Tools

Terakhir, komponen bisnis online yang tak kalah penting adalah sebuah tools. Alias alat bantu yang bisa menunjang keberlangsungan bisnis online milikmu.

Ada banyak tools yang bisa digunakan, misalnya saja:

  • Aplikasi pengelola media sosial
  • Software kas atau keuangan
  • Software stock gudang.

Atau tools lainnya yang bisa membantu keberlangsungan bisnis online. Berbeda produk, tentu akan berbeda pula tools yang akan digunakan.

Dan adanya tools ini sangat penting. Sebab, bisa mempermudah dalam menjalani bisnis online. apalagi jika skala bisnisnya sudah skala besar.

Demikianlah beberapa komponen penting bisnis online yang wajib ada. Nah, komponen apakah yang belum kamu miliki? Segera lengkapi komponen-komponen tersebut untuk menunjang keberlangsungan bisnis online milikmu itu.