Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mengelola Keuangan Usaha Wirausaha Dengan Benar

Daftar Isi [Tampil]

Cara Mengelola Keuangan Usaha Wirausaha Dengan Benar - Apakah kamu seorang wirausaha? Dan kamu sedang kesulitan mengatur dan mengelola usahamu? Well, memang benar sih, mengatur keuangan terutama keuangan dalam bisnis itu hal yang tidak mudah dan tidak bisa dilakukan secara asal-asalan.

Cara mengelola keuangan usaha wirausaha

Hal ini dikarenakan untuk mengatur keuangan dibutuhkan skill ketelitian dan ketelatenan yang besar. Salah satu angka saja, harus meneliti darimana sumber kesalahan tersebut. Inilah yang membuat para pelaku usaha kesulitan untuk mengelola keuangannya.

Maka dari itu, beberapa wirausahawan atau pebisnis sengaja menyewa jasa administrator untuk mengontrol kemana arus kas bermuara. Kemudian, administrator juga bertugas menetapkan prosedur atau jalannya keuangan dengan benar dan meyakinkan.

Lalu pertanyaannya, bagaimana sih cara mengelola keuangan usaha wirausaha yang baik dan benar?

Nah, di bawah ini akan dicoba dijelaskan mengenai cara mengelola keuangan untuk para wirausaha yang bisa diterapkan agar alirannya lebih teratur:

1. Sisipkan Keuntungan untuk Pengembangan Usaha

Cara pertama yang bisa kamu terapkan agar keuangan wirausahamu tetap berjalan lancar adalah dengan memanfaatkan keuntungan untuk mengembangkan usaha. Memang sih, setiap kita itu berhak menikmati lelah dan letih kita dalam bekerja dan berwirausaha.

Namun, jangan asal menghabiskan begitu saja. Misalnya, dipakai untuk jajan-jajan tidak jelas padahal tidak penting-penting amat ya kan. Sebab katanya, kita bisa membedakan antara pengusaha sukses dan pengusaha kurang sukses. Yaitu terletak pada pandai-pandainya si pemilik dalam mengatur uang.

2. Awasi Terus Arus Kas Masuk dan Keluar

Selanjutnya cara mengelola keuangan usaha wirausaha adalah kamu harus mengawasi terus arus kas usaha. Kemanakah mengalir? kadang-kadang ketika kita mengatur keuangan, ini menjadi hal yang tidak mudah. Dibutuhkan ketelitian dan ketelatenan yang teramat tinggi.

Jika arus keuangan dipegang oleh karyawan, maka kamu harus terus memantaunya. Selalu minta update arus keuangan terbaru. Kemudian selalu cek arus keluar dan masuk keuangan. Apakah sudah benar? atau sebaliknya.

3. Susunlah Budgeting Dengan Rinci

Berikutnya kamu bisa menyusun budgeting sesuai dengan kebutuhkanmu. Sebenarnya menyusun budget adalah yang paling penting. Jadi, budgeting ini nantinya akan mengerem kita, atau membatasi kita kinerja.

Dengan adanya budgeting, maka keuangan akan semakin terkontrol. Sebab, kita akan mengetahui apa saja yang menjadi tanggungan yang harus dibayarkan. Baik itu tanggungan harian, mingguan, ataupun rencana pembelanjaan bulanan.

4. Pisahkan Antara Keuangan Pribadi dan Uang Usaha

Tips mengelola keuangan usaha wirausaha  selanjutnya yaitu memisahkan antara keuangan pribadi dan keuangan usaha. Jangan saampai mencampurkan keuangan pribadi dan uanng usaha.

Inilah salah satu kesalahan fatal yang sering terjadi, seorang wirausahawan mencampurkan keuangannya. Antara keuangan pribadi dan keuangan usaha disatukan.

Mulai sekarang, cobalah untuk memisahkan pembukuan keuangan. Jadi, jangan sampai kebutuhan pribadi mengambil uang dari uang usaha yaa.

5. Jangan Terlalu Banyak Pengeluarkan Tidak Penting

Nah, poin kelima cara mengelola keuangan usaha wirausaha adalah berhemat. Intinya kamu jangan banyak pengeluaran yang tidak penting. Apalagi ketika di awal bulan. Bisa-bisa keuangan bisnismu makin tidak terkontrol.

Maka dari itu, usahakan semaksimal mungkin ntuk tidak membeli sesuatu yang tidak penting. Sebagai langkah nyatanya, kamu harus bisa membedakan mana yang menjadi kebutuhan, dan mana yang hanya sekedar keinginan. Ini penting banget!

6. Pastikan Kamu Memiliki Buku Kas yang Tercatat Rapih

Banyak wirausahawan yang menyepelekan terkait pembukuan dalam sebuah bisnis. Padahal, sebesar apapun bisnis, jika pencatatan keuangannya tidak tertata, maka besar kemungkinan bisnis tersebut akan mengalami kegagalan.

Dengan adanya buku kas, kamu bisa mengontrol keuangan. Baik dari segi pemasukan, pembelanjaan hingga keuntungan bersih yang didapat.

Maka dari itu, bagi kamu yang baru memulai usaha atau bisnis, pastikan mempersiapkan buku kas untuk mencatat keuangan dengan rapih. Sehingga kamu punya rekam jejak terhadap kegiatan usaha yang dijalani.

7. Serahkan Manajemen Keuangan Pada Ahlinya

Terakhir, cara mengelola keuangan usaha wirausaha adalah menyerahkan kepada ahlinya. Maksudnya adalah kamu bisa mempekerjakan karyawan yang sudah ahli dan paham terhadap pencatatan keuangan. Misalnya saja lulusan sarjana manajemen keuangan.

Tentu, cara ini akan lebih efektif, karena kamu sudah menyerahkan kepada ahlinya. Sehingga pencatatan keuangan akan disusun sesuai standar pelaporan. Juga, kamu akan selalu mendapatkan update perkembangan bisnismu.

Jadi, nggak usah pusing-pusing lagi mengurusi pelaporan keuangan. Kamu tinggal terima laporan jadinya. Namun, cara ini memerlukan budget yang lumayan untuk mempekerjakan karyawan tersebut.

Itulah beberapa tips mengelola keuangan usaha wirausaha yang bisa kamu aplikasikan. Semoga tulisan ini bermanfaat dan keuangan bisnismu dapat terkontrol dengan baik.