Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tips Agar Berbisnis Menyenangkan Untuk Pemula

Daftar Isi [Tampil]

Tips Agar Berbisnis Menyenangkan Untuk Pemula - Jangan pikir pebisnis itu waktu kerjanya lebih sedikit. Sebenarnya, ketika kamu memutuskan untuk menjadi pengusaha sejati, maka kamu sudah siap mengorbankan seluruh waktumu untuk mengelola bisnis.

Andai karyawan memiliki jam kerja dengan rata-rata 8 jam sehari. Maka pebisnis bisa lebih dari itu. Kadang menjelang tidur pun masih memikirkan bisnisnya. Tapi memang sebanding dengan hasil yang didapat.

Tips berbisnis

Ada beberapa cara agar menjalani bisnis lebih enak dan nyaman. Sehingga meski menguras banyak waktu, semuanya tak terasa. Hasilnya jadi lebih menyenangkan.

Lantas, bagainana dong caranya agar berbisnis menyenangkan dan tidak membosankan? langsung saja yuk simak tips agar menjalani bisnis bisa lebih menyenangkan bagi seorang pemula dibawah ini.

8 Tips Agar Berbisnis Menyenangkan Untuk Pemula

1. Bisnis Sesuai Passion

Tips yang pertama kamu harus mengetahui dulu passion-mu itu apa? Jika kamu belum mengetahui passionmu. Dengan mengetahui potensi yang ada pada dirimu, maka akan lebih mudah menemukan passion yang cocok denganmu.

Passion itu cukup satu saja, asal kamu fokus di bidang itu. Jika sudah mengetahui passion, maka langsung cari tau ide usaha yang cocok dengan passionmu itu. Aku beri contoh, semisal kamu sangat gemar di dunia tulis menulis. 

Maka bisa dikatakan menulis adalah passion-mu. Nah, selanjutnya kamu tinggal mencari cara bagaimana agar keahlian menulismu bisa menghasilkan uang? Pada kasus ini, kamu bisa membuka jasa menulis artikel. 

Atau bahasa kerennya “Content Writer”. Saat ini banyak lho, media yang membutuhkan content writer. Nah kamu bisa membuka jasa content wiriter. Dengan berbisnis sesuai passion, tentu akan lebih menyenangkan. Sehingga bisnis tidak menjadi beban di kemudian hari.

2. Berbisnis dari Rumah

Rumah adalah Surga ada yang bilang demikian. Maka tidak ada tempat yang lebih nyaman selain rumah sendiri.

Nah, ini bisa dijadikan pilihan agar berbisnis menyenangkan. Berbisnis dari rumah akan lebih leluasa. Kamu tidak perlu menyewa tempat, tidak mengeluarkan ongkos. Dan intinya lebih bisa menghemat pengeluaran.

Tuh kan? Bisa menghemat. Ya, selain untuk menghemat pastinya berbisnis di rumah akan lebih menyenangkan. Karena bisa dekat dengan keluarga. Saat ini banyak lho, alternatif bisnis yang bisa dikerjakan dari rumah.

3. Ciptakan Support System

Support System sangat diperlukan ketika kamu menjalankan bisnis di rumah. Support System adalah faktor-faktor pendukung yang akan mempermudah kamu berbisnis dan agar berbisnis lebih menyenangkan.

Aku beri contoh seperti:

  • Menyediakan tempat khusus untuk bekerja
  • Membuat to do list
  • Membatasi jam kerja
  • Minta pengetian keluarga
  • Atau faktor-faktor lain yang sekiranya bisa mendukung pelaksanaan bisnis kamu.

4. Menciptakan Suasana Santai

Cara agar berbisnis menyenangkan bisa dengan menciptakan suasana santai. Suasana yang santai akan menjadikan kamu lebih rileks dan tidak terlalu tegang. Jadi, intinya bisnis itu santai saja, asal to do list yang sudah dibuat bisa tercapai dan tanggung-jawab harian sudah dipenuhi.

Apabila kamu sudah memiliki tim atau karyawan, ada baiknya membangun lingkungan yang menyenangkan. Saling mendukung, dan saling membantu. Sesekali adakan obrolan ringan yang tidak membahas bisnis. Obrolan seputar film, atau lagu-lagu yang sedang hits. Ciptakan suasana kekeluargaan, agar suasana lebih santai.

5. Membuat Agenda Berlibur

Bisnis terooos, kapan nikmati hasilnya?

Ada benarnya juga pertanyaan semacam itu. Kapan kita akan menikmati kehidupan? Jika hari-hari penuh ketegangan dengan bahasan bisnis beserta target-targetnya. Nah, saatnya kamu menikmati kehidupan dengan cara membuat agenda berlibur. 

Misalnya sebulan sekali, berlibur ke luar rumah ke tempat wisata. Jika seminggu sekali terlalu sering, maka bisa diagendakan jadwal liburan setiap tiga bulan sekali. Dengan liburan, pikiranmu akan lebih rileks dan tenang. Sehingga berbisnis pun akan lebih menyenangkan.

6. Menjalin Relasi yang Baik

Hubungan relasi tidak bisa dihindari ketika kamu memutuskan terjun di dunia bisnis. Kamu tidak bisa berbisnis sendiri. Karena pada dasarnya, berbisnis itu menjalin hunungan kerjasama. Relasi pada bisnis cakupannya luas, yakni: pada clien yang menggunakan jasa atau bisnis kita. 

Pada vendor yang menyetok bahan baku. Atau relasi pada karyawan yang menghendel bisnis.Semuanya saling berkaitan. Maka, dengan menjalin relasi yang baik, berbisnis akan lebih menyenangkan. 

Sebab hubungan yang baik, akan menghasilkan timbal balik yang baik pada bisnis yang dijalani. Supaya nggak pusing, jalinlah hubungan yang baik dengan semua relasimu.

7. Buat Capaian yang Rasional

Capaian yang terlalu mengawang-ngawan akan membuat kamu stres. Terhantui oleh capaian target yang tidak rasional. Agar berbisnis menyenangkan, kamu harus membuat capaian yang rasional. Capaian yang bisa dijangkau oleh dirimu, terlebih oleh tim seperjuanganmu.

Mulai saat ini, jangan buat capaian yang mustahil. Karena setiap bisnis ada batas maksimalnya. Jadi? Buatlah capaian yang rasional dan bisa diimplementasikan!

8. Tidak usah Berbisnis

Tips terakhir, supaya hidupmu lebih menyenangkan adalah dengan tidak berbisnis!

Kok seperti itu sih?

Maksudnya, setiap bisnis yang kamu geluti pasti ada saja resikonya. Tidak sepenuhnya akan menyenangkan! Ada waktu di mana kamu merasa tidak nyaman dan akan ada waktunya kamu harus memecahkan masalah besar.

Nah, maka dari itu, kalau kamu tidak siap berbisnis, lebih baik gak usah bisnis sekalian. Lebih baik mencari pekerjaan yang layak. Saja! Berbisnis itu penuh ketidakpastian, jadi kamu harus punya mental yang tangguh untuk menjadi seorang pebisnis sejati. Paham kan?

Demikianlah bahasan tentang tips-tips agar berbisnis menyenangkan untuk seorang yang baru mau terjun di dunia bisnis. Bagaimana, sekarang sudahkah siap menjadi seorang pengusaha?