Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Ide Pekerjaan Sampingan Untuk Mahasiswa

Daftar Isi [Tampil]

Ide Pekerjaan Sampingan Untuk Mahasiswa - Menjadi mahasiswa itu sebuah hal yang menyenangkan sekali bagi anak-anak lulusan SMA. Tapi tidak semua mahasiswa yang sudah berhasil memasuki Universitas tertentu bisa dengan mudah membayar biaya kuliah seperti anak-anak lain yang orangtuanya mampu membiayainya.

Ide pekerjaan sampingan untuk mahasiswa

Sebagian dari mereka harus membiayai kuliahnya sendiri dengan penuh perjuangan atas hasil usahanya sendiri. Berbeda dengan mahasiswa berprivilage yang tinggal mikir kuliah saja diselingi senang-senang. Karena segala macam kebutuhan sudah dipenuhi oleh orang tuanya. 

Mahasiwa jenis satu ini harus pandai-pandai memutar otak dan jungkir balik agar biaya kuliahnya tetap berjalan sebagaimana mestinya tanpa bantuan orang tua yang mungkin tak mampu membiayainya.

Nah, mahasiswa mandiri jenis ini biasanya mencari usaha/pekerjaan sampingan yang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, biaya makan bahkan uang semesteran sendiri. Sebagai mahasiswa milenial yang dituntut untuk kreatif dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.

Berikut ini adalah 6 ide pekerjaan sampingan untuk mahasiswa yang bisa kamu lakukan untuk mencari uang tambahan saat kuliah.

1. Bisnis Berjualan Online

Kalau kamu adalah mahasiswa yang memiliki passion berjualan, sebaiknya mulai sekarang kamu action untuk berjualan online saja. Pasalnya, berjualan online seperti ini bisa diawali dengan tanpa modal besar.

Tinggal gencar-gencar saja promo barang dagangan via Whatsapp, Facebook, Instagram dan sebagainya dengan hanya bermodalkan kuota.

Sekarang kan, juga banyak sekali perusahaan dagang yang open reseller atau dropshipper. Kita tinggal promo saja, barang akan dikirimkan oleh perusahaan dagang yang bersangkutan, kemudian keuntungan akan masuk ke kita. Misal berjualan baju, sepatu, kerudung dan sebagainya. Mudah, kan?

2. Menjadi Barista Kafe

Kamu seorang coffe addict yang rajin nongkrong di coffe shop berjam-jam? Jika benar, kamu bisa sekali loh, nyoba melamar kerjaan sebagai seorang barista di coffe shop tersebut. Nanti untuk jam kerjanya bisa nyesuain dengan jadwal kuliah kamu.

Kapan lagi kamu sebagai seorang coffe addict bisa meracik kopi sendiri? tentu saja selain mendapatkan ilmu tentang meracik kopi, kamu juga akan mendapatkan uang tambahan untuk kebutuhan kuliahmu. Seru, kan?

3. Menjadi Content Writer

Ide pekerjaan sampingan untuk mahasiswa berikutnya adalah menjadi penilis konten. Jika kamu adalah mahasiswa yang memiliki hobi menulis, kamu bisa menyalurkan ide menulismu dengan menawarkan jasa menulis sebagai content writer di situs freelance.

Apalagi kalau kamu bisa menulis puisi, essay atau cerpen, kamu juga bisa mengirim hasil karyamu ke website-website yang menyediakan kolom untuk mengirim puisi, essay atau cerpen. Kita tentu tahu, di era digital seperti ini hobi bisa dikomersialkan termasuk hobi menulis.

Jika kamu memang benar-benar ingin menghasilkan hobi dari menulis, rajin-rajinlah menawarkan diri menjadi content writer. Dijamin untung banyak. Dengan hanya satu artikel saja, kamu bisa dibayar hingga 200.000 per artikel.

Bayangkan kalau sehari lima artikel, bisa mendapat uang satu juta kan? Udah dapet uang, hobi terasah dan tersalurkan lagi.

4. Menjadi Translator

Menyediakan jasa penterjemah biasanya menjadi peluang bagi mahasiswa yang berkuliah di bahasa asing seperti bahasa jepang, bahasa korea, bahasa perancis, bahasa inggris dan bahasa-bahasa asing lain. Karena jasa ini tak sembarang orang bisa melakukannya, tentu saja honornya akan mempertebal dompetmu.

Karena jasa translator membutuhkan skill yang tak sembarangan untuk mengerjakannya. Apalagi kualifikasinya tidak main-main karena harus benar-benar menguasai satu bahasa asing dengan maksimal dan tidak boleh setengah-setengah.

5. Menjadi Guru Les Privat

Biasanya menjadi guru les privat banyak digeluti oleh mahasiswa-mahasiswa jurusan pendidikan. Jika kamu pintar-pintar mencari informasi dari internet atau kakak-kakak tingkatmu, kamu pasti mendapatkan banyak info tentang les-les privat yang ada di sekitarmu.

Nanti kamu akan dibimbing oleh pemilik les privat terkait apa saja mata kuliah yang kamu kuasai dan anak -anak les tingkat mana yang cocok untuk kamu berikan bimbingan seperti apakah anak SMA, SMP atau bahkan SD dan TK.

Tapi jangan khawatir. Tak hanya anak jurusan pendidikan saja yang yang bisa mendaftar di lembaga-lembaga les privat. Bagi anak non pendidikan juga bisa kok.

Untuk honor, kamu bisa mendapatkan 15.000-30.000 rupiah perjam tergantung tingkat sekolah anak lesnya dan mata pelajarannya. Lumayan sekali kan?

6. Menjadi Ilustrator/Desainer

Di zaman digital seperti ini, profesi menjadi ilustrator desainer sudah bukan lagi sebuah pekerjaan asing. Bahkan banyak sekali mahasiswa yang menggeluti bidang ilustrasi seperti ini.

Biasanya mereka open comission dan memberikan patokan harga tertentu untuk sekali komisi. Tergantung seberapa keren skill-mu dalam menggambar.

Demikianlah pembahasan kali ini. Ide pekerjaan sampingan untuk mahasiswa di atas bisa untuk menambah biaya kuliah kamu tanpa harus membebani orang tua kamu. Sekarang sudah tahu kan cara mendapatkan uang tambahan kuliah dengan mandiri?