Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Fakta Unik Tentang Buku yang Bisa Bikin Takjub

Daftar Isi [Tampil]

Fakta Unik Tentang Buku yang Bisa Bikin Takjub - Apa yang terlintas di benakmu ketika kamu mendengar kata “buku”? Bagi orang yang tidak suka membaca, mungkin akan langsung bilang bahwa buku itu membosankan. 

Namun bagi para pecinta buku, buku seperti pacar yang selalu setiap menemani kita. Kebanyakan orang yang membaca buku itu adalah orang yang mudah diajak ngobrol dan nyambung. Sebab, pengetahuannya luas karena sering membaca buku. 

Fakta unik tentang buku

Banyak tokoh-tokoh di Indonesia yang menyukai buku seperti Gus Dur, Moh. Hatta dan tentunya masih banyak lagi jika disebutkan satu-satu. Bahkan hidup mereka seperti ada yang kurang jika tidak membaca buku sehari saja. 

Dan bicara mengenai buku, tahukah kamu bahwa ada beberapa fakta unik di dunia ini mengenai buku. Lalu apa saja sih, fakta-fakta yang unik tentang buku yang menakjubkan dan bikin kita tercengang? Yuk simak langsung beberapa fakta unik tentang buku yang bikin takjub dan bikin tercengang.

1. Konon, Dulu Buku Hadir Tanpa Disertai Nama Penulisnya

Fakta unik mengenai buku yang pertama yaitu bahwa konon dulu awal mulanya buku hadir tanpa disertai nama penulis di cover buku. 

Kenapa sih, kok bisa gitu? Yapsss! Dulu ketika pertama kali buku muncul di dunia, sampul buku hanya dianggap sebagai seni. Dan seni sampul ini dibuat dengan tujuan untuk membuat para pembaca buku tertarik untuk membacanya. 

Makanya ada istilah sometimes we judge the book by its cover. Dulu bahkan sampul buku berasal dari bahan kulit yang dibentuk dan digambar sedemikian rupa. 

2. The Klencke Atlas, Buku Terbesar di Dunia

Tahukah kamu bahwa ada buku terbesar di dunia dengan ukuran mencapai 1,9 meter untuk lebarnya. Dan 1,75 meter untuk tinggi buku tersebut. Untuk sekarang, buku terbesar di dunia ini ditempatkan dan disimpan rapi di British Library.

Tepatnya berada di Kota London, Inggris.  Bahkan saking beratnya, buku ini harus dibawa oleh orang dewasa sebanyak 6 orang. Waah waah, mantap banget bukan? Ini merupakan fakta unik tentang buku yang jarang diketahui, lho.

3. Johannes Guttenberg Adalah Orang yang Mencetak Buku Pertama

Fakta unik mengenai buku selanjutnya adalah bahwa orang yang mencetak buku pertama kali berasal dari Negara Jerman bernama Johannes Gutenberg.  Awalnya Gutenberg pekerjaan sehari-harinya menjadi pandai logam. 

Nah, pada tahun sekitar 1450 Masehi, Gutenberg telah menemukan mesin percetakan yang memanfaatkan metode pengecoran huruf. Lalu buku apa sih, yang dicetak. Gutenberg pertama kali. Nah, buku Alkitab Gutenberg lah yang pertama kali dicetak. 

4. Codex Leicester, Buku Termahal di Dunia

Fakta unik tentang buku berikutnya yaitu bahwa nama Codex Leicester merupakan buku yang paling mahal di dunia. Tahu nggak berapa harganya? Harga buku tersebut jika dikonversi ke rupiah bisa mencapai 354 miliyar rupiah loh! Wow mahal banget.

Siapa sih penulis bukunya, sampai dijual aja seharga ratusan miliar itu? Nama penulisnya yaitu Leonardo da Vinci. Buku tersebut berisi tentang kumpulan koleksi karya ilmiah miliknya sendiri. Orang terkaya sedunia, Bill Gates bahkan rela membeli buku seharga raturan miliyar rupiah tersebut. Mantep banget! 

5. Buku Yang Tercetak di Dunia Kini Mencapai 129 Juta Buku

Pernah mikir nggak sih, ketika sedang membaca buku. Sebenarnya ada berapa buku yang dicetak di dunia ini?  Nah, tahukah kamu bahwa hingga sekarang ada sekitar 129 juta buku yang telah dicetak dan dijual. Juga telah tercantum dalam International Standard Book Number (ISBN). 

6. Finlandia Adalah Negara Yang Penduduknya Paling Hobi Membaca

Ternyata eh ternyata, negara yang minat bacanya paling tinggi adalah negara Finlandia. Di negara ini, terdapat 738 perpustakaan dan juga memiliki sebanyak 140 perpustakaan keliling. Apakah kamu sudah mengetahui fakta unik tentang buku yang satu ini?

Nah, konon budaya membaca yang diwariskan oleh penduduk Finlandia ini berawal dari pembacaan dongeng kepada anak-anaknya sebelum tidur.

Dan hebatnya, ketika ada bayi lahir, pemerintah Finlandia tak hanya memberikan dukungan berupa perlengkapan bayi. Namun juga buku untuk anak-anak sekaligus buku parenting untuk orang tuanya. Wah keren, ya!

7. Bibliosma, Sebutan Orang Yang Menyukai Bau Buku

Ternyata orang yang suka menghirup bau buku juga punya sebutan, ya. Sebutan orang yang suka bau buku adalah bibliosma. Apakah kamu juga termasuk salah satunya? Dan tahukah kamu bahwa untuk mengetahui seberapa lama umur buku, para ilmuwan bisa mendeteksinya melalui aroma aroma buku. 

Nah, itulah beberapa fakta unik tentang buku yang mungkin belum kamu ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.