Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Fakta Tentang Wisuda yang Harus Wisudawan Ketahui

Daftar Isi [Tampil]

Fakta Tentang Wisuda yang Harus Wisudawan Ketahui - Wisuda merupakan momen yang sangat dinanti-nanti oleh semua mahasiswa. Setelah selama kurang lebih empat tahun melewati masa-masa kuliah dengan berbagai cobaannya. Hingga bahkan sampai tugas akhir pun kadang-kadang masih terasa sulit.

Fakta tentang wisuda

Merayakan kelulusan menjadi hal yang sangat mengharukan sekaligus sangat membahagiakan. Beberapa mahasiswa bahkan mengajak serta keluarga besar dan teman-temannya untuk ikut berbahagia atas kelulusannya.

Banyak sekali fakta-fakta yang ada ketika momen wisuda. Mulai dari aturan pakaiannya, hingga pembahasan mengenai jubah dan toba yang memiliki makna tersendiri. Lantas, apa saja sih, fakta mengenai wisuda yang ada di Indonesia?

Berikut ini adalah fakta tentang wisuda yang harus kamu ketahui, sebelum hari wisuda tiba:

1. Aturan Berpakaian

Sebenarnya gak ada aturan yang saklek tentang jenis, model dan warna pakaian yang harus dikenakan saat wisuda. Termasuk masalah make up, gaya rambut atau model hijab. Pokoknya pakaian dan penampilan wisuda hanya harus memenuhi 2 kriteria, sopan dan resmi. 

Well,  pake daster juga gak bakal keliatan sih kalau jubah wisuda kamu tipe tunik. Kecuali jubahnya tipe cardigan, sebaiknya agak diperhatikan pakaian resminya, ya.

2. Durasi Seremonial

Acara resmi wisuda itu rata-rata menghabiskan waktu 2 sampai 3 jam.  Jadi siapin deh amunisi untuk tetap on selama acara. Kamu bisa bawa permen, hape (full charge), earphone, atau biar sambil nambah pahala bawa Al Qur’an juga bisa jadi pilihan.

3. Dilema

Pada dasarnya dilema ini muncul berkaitan dengan pertanyaan “mau foto sama siapa?”. Kalau acara wisuda dilaksanakan di lingkungan kampus,  biasanya ada banyak gathering yang harus dihadiri,  mulai dari gathering fakultas, jurusan, UKM, sampe gathering yang diselenggarakan oleh organisasi kedaerahan.  

Yang bikin dilema adalah waktu gathering ini tuh biasanya barengan. Nah, solusinya gimana nih menghadapi situasi ini, jadi kuncinya tuh adalah dengan menentukan skala prioritas. Pokoknya kamu cenderungnya mau foto sama siapa? Apakah sama dosen, teman fakultas, teman UKM atau mau foto sama teman dari daerah yang sama.

Dilema ini juga bakalan muncul pas mau foto studio, terutama buat yang rombongan pengiring wisudanya banyak kayak iring-iringan penganten. Sarannya nih mending dibedain aja mobil pengiring primer sama mobil pengiring sekunder, biar ketika pengiring primer ngantri foto studio, yang pengiring sekunder bisa pulang duluan.

4. Parkir

Fakta tentang wisuda berikutnya adalah terkait area parkir. Area parkir di tempat wisuda itu tuh rame nya naudzubillah. Cari tempat parkir yang gak hanya dekat dengan lokasi acara wisuda (biar make up tetap on point alias gak luntur), tapi juga mudah buat keluar nantinya.

Berkorban jalan dikit masih lebih mending daripada lumutan di dalam mobil gegara gak kelamaan di area parkir.

5. Jubah dan Toga

Di beberapa kampus jubah dan toga statusnya dipinjamkan,  tapi kebanyakan kampus menjadikannya satu paket dalam anggaran wisuda yang harus dibayar oleh para calon wisudawan dan wisudawati, alias dibeli.

Jubah dan toga adalah item terpenting dalam seremoni wisuda, soalnya bakalan ada adegan mindahin pita toga dari kiri ke kanan, kalau udah dipindahin artinya kamu udah sah jadi sarjana.

Nah, secara garis besar jubah toga itu ada dua tipe, yang pertama adalah tipe tunik agak-agak mirip sama daster lah. Yang kedua adalah tipe cardigan yang umum digunakan di kampus-kampus luar negeri. 

Toga juga banyak macamnya, ada yang bentuk segi lima, segi empat, ada juga yang bentuk baret.  Bahan yang digunakan untuk toga juga bervariasi, misalnya kain beludru dan kain tessa.

Tapi meskipun memorable banget, abis acara biasanya dua item ini teronggok di pojokan lemari, dan kemudian terlupakan. Sedih ya…

Demikian beberapa fakta tentang wisuda yang sebaiknya kamu ketahui. Apalagi buat kamu mahasiswa yang belum lulus. Fakta-fakta ini wajib sekali kamu ketahui. Semangat mengerjakan tugas akhir, ya!