Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Meningkatkan Brand Awareness Melalui Media Sosial

Daftar Isi [Tampil]

Cara Meningkatkan Brand Awareness Melalui Media Sosial - Untuk meningkatkan brand awareness bisa dilakukan dengan berbagai cara, perhatikan beberapa poin penting berikut!

Cara meningkatkan brand awareness

Ngomongin brand awareness memang sedikit agak berat. Terlebih untuk menciptakan brand awareness diperlukan waktu yang cukup panjang. Dan jam terbang pemarasan yang lama. Bagi pemula yang belum paham apa itu brand awareness, mungkin sedikit bertanya-tanya kenapa sih harus meningkatkan brand awareness?

Sebelum lebih jauh, aku akan memberikan contoh, jika aku menyebutkan “air mineral” apa yang kamu pikirkan?

Aku rasa, jawabannya adalah tidak jauh dari “AQUA”.

Kemudian, jika aku sebutkan “detergen pencuci pakaian”, apa yang kamu pikirkan?

Aku pikir, jawabannya tidak jauh dari “RINSO”.

Nah, inilah brand awareness!

Selanjutnya mungkin kamu bertanya-tanya: Lalu, bagaimana cara meningkatkan brand awareness?

Nah, untuk meningkatkan brand awareness, salah satunya adalah bisa dengan menggunakan media sosial yaitu dengan cara mengoptimalkan penggunaan media sosial, sehingga produk yang kamu tawarkan bisa terus dikenang oleh para konsumen. Langsung saja, berikut ini akan dijelaskan 5 cara meningkatkan brand awareness melalui media sosial.

Cara Meningkatkan Brand Awareness Melalui Media Sosial

1. Membuat Strategi Media Sosial Marketing

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat sebuah strategi yang matang ketika hendak melakukan promosi menggunakan media sosial. Pondasi ini merupakan acuan kamu dalam mencapai sebuah tujuan dan pencapaian dari produk yang ditawarkan.

Dengan memiliki strategi, kegiatan marketing akan lebih terarah. Dan pastinya akan tepat sasaran. Selain itu, kamu juga bisa bersaing dengan para kompetitor. Maka dari itu, untuk meningkatkan brand awareness, segeralah membuat strategi yang jitu.

2. Mengikuti Tren Media Sosial Marketing

Langkah kedua yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan brand awareness adalah dengan mengikuti tren media sosial marketing yang sedang kekinian dan terupdate. Dengan mengikuti tren, setidaknya marketing yang dilakukan tidak kudet, sehingga materi promosi bisa sesuai target dan kondisi kekinian.

Ini juga merupakan poin penting yang perlu diperhatikan para marketier. Tren merupakan bagian dari strategi marketing untuk meningkatkan brand awareness. Mulai saat ini, terus pantau tren kekinian, pastikan konten yang digunakan untuk promosi sesuai dengan kondisi saat ini.

3. Membuat Konten Yang Berpotensi Viral

Cara meningkatkan brand awareness melalui media sosial, bisa juga dengan membuat konten viral. Konten viral merupakan konten yang bisa meledak dan dapat dilihat banyak orang. Namun, untuk membuat konten yang berpotensi viral memang tidaklah mudah.

Perlu ketekunan ketelatenan, selain itu perlu eksekusi yang kreatif. Sehingga bisa berkenang di hati para pengguna media sosial.

4. Menambah Followers Yang Potensial

Followers merupakan salah satu jantung utama media sosial. Jika tidak ada followersnya, maka siapa yang akan berinteraksi dengan kita? Terlebih ketika media sosial sudah digunakan untuk berbisnis. Tentu, follower merupakan syarat utama akun sebuah bisnis.

Maka dari itu, teruslah lakukan usaha untuk mendapatkan followers. Namun perlu digaris bawahi, followers yang dimaksud adalah followers yang aktif alias followers real. Istilahnya bukan followers kaleng-kaleng, atau followers robot.

Follower yang harus kamu dapatkan adalah followers potensial, yaitu followers yang berpotensi membeli produk kita. Semakin banyak followers, sudah pasti ini juga bisa meningkatkan brand awareness di media sosial.

5. Memperbaiki Kesalahan

Setiap kegiatan promosi atau marketing yang dilakukan, perlu dilakukan sebuah evaluasi. Nah evaluasi ini tujuannya adalah untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan. Tidak ada teknik marketing yang sempurna, pasti saja ada kemungkinan melakukan sebuah kesalahan. Dan kesalahan ini harus segera diperbaiki.

Dengan memperbaiki sebuah kesalahan, kamu bisa meningkatkan loyalitas pelanggan agar mereka tidak kecewa. Dan ini bisa meningkatkan kesan baik kepada mereka. Jika sudah terkesan baik, maka ini bisa meningkatkan brand awareness di media sosial.

Demikianlah pembahasan tentang cara meningkatkan brand awareness melalui media sosial yang bisa kamu praktikan. Dan sekarang, mulailah dari langkah pertama. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya blog Septiyan Media.