Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Menghemat Air di Rumah dan Mudah Dilakukan

Daftar Isi [Tampil]

Cara Menghemat Air di Rumah dan Mudah Dilakukan - Kita tahu, bahwa menghemat air adalah hal penting yang wajib dilakukan setiap orang. Tapi, pada beberapa orang dari mereka masih saja menyepelekan hal ini.

Padahal di beberapa daerah pendistribusian air bersih masih kurang merata dan kurang baik. Jadi ya, tak salah jika di beberapa daerah tersebut kadang-kadang mengalami krisis air bersih.

Cara menghemat air di rumah

Lalu, bagaimana sih caranya agar kita bisa menghemat air? Agar kita termasuk orang yang mengelola lingkungan dengan baik?

Nah, aku telah merangkum beberapa cara yang bisa kita aplikasikan dalam menghemat air agar lingkungan tetap terjaga. Yuk simak bareng-bareng. Inilah cara menghemat air dengan baik di rumah yang bisa langsung kamu praktikan.

1. Pilihlah Mandi Dengan Shower Daripada Gayung

Cara pertama untuk kita menghemat air adalah dengan membatasi penggunaan air ketika kita mandi. Lalu bagaimana cara membatasinya?

Yah. pilihkan mandi dengan memakai shower daripada menciduknya dari gayung. Mengapa menggunakan gayung lebih boros? Kemungkinan besar ketika menyiramkan air dari gayung ke tubuh, belum tentu semua terkena air. Jadi, bisa saja air banyak yang terbuang secara cuma-cuma.

Dengan menggunakan shower, kita akan menghabiskan 12 liter air per menitnya. Sedangkan dengan gayung, kita akan menghabiskan 6 liter lebih banyak daripada dengan shower. Jadi, sekitar 18 liter per menitnya.

Jika setiap rumah menghabiskan uang 1000 untuk satu liter air, bisa jadi setiap orang di rumah akan menghabiskan 90 ribu rupiah mandi dengan gayung. Sedangkan dengan shower hanya sekitar 60 ribu.

2. Lakukan Pengecekan Pipa Secara Rutin

Jika kamu menemukan kebocoran atau kerusakan pada pipa saluran airmu. Segeralah perbaiki dan jangan terlalu lama menundanya.

Nah, untuk mengurangi terjadinya kebocoran, lakukanlah pengecekan rutin agar pipa di rumahmu tak cepat mengalami kebocoran. Dan untuk melakukan pengecekan, tak perlu setiap hari. Cukup dengan sekali saja di akhir pekan.

Jika kamu melakukan pengecekan rutin, kamu akan lebih cepat mengetahui kerusakan yang ada. Dan tentunya akan lebih cepat memperbaikinya.

3. Buat Lubang Biopori

Cara menghemat air selanjutnya agar hemat air adalah dengan membuat sebuah lubang biopori. Jika kamu masih awam dengan lubang biopori, mari dijelaskan sedikit.

Lubang biopori ini merupakan lubang yang memiliki bentuk silinder. Nah, lubang tersebut dimasukkan ke dalam tanah untuk resapan tanah. Dengan adanya sumber air tanah, tentunya suplai air bersih di rumah kamu terjaga dengan baik.

Cara membuat lubang biopori juga tak sulit. Cukup dengan membuat lubang dengan diameter sebesar 10-15 cm dengan panjang 100-120 cm di sekitar rumahmu.

Jika sudah, masukkan berbagai jenis sampah organik seperti dedaunan dan rumput-rumput kering. Jika sudah, biarkan lubang tersebut dalam waktu kurang lebih sekitar tiga bulan. Dan lihat saja, air hujan akan mengisi lubang kemudian meresap ke dalam tanah.

4. Matikan Keran Rapat-rapat Setelah Pemakaian

Hal ini mungkin sepele. Kadang-kadang sebagian masih sering lupa mematikan keran dengan rapat setelah memakainya. Hidupkanlah kembali keran ketika akan digunakan lagi. Agar tak boros air dan tentu saja tagihan air dan listrik tak membludak tinggi.

Jadi buat kamu yang masih suka teledor dalam penggunaan keran, sebaiknya jangan diulang terus menerus. Toh, hal ini juga untuk menjaga lingkungan, bukan?

5. Gunakan Mesin Cuci Bukaan Depan

Cara menghemat air yang kelima adalah dengan memperhatikan jenis mesin cuci yang akan digunakan. Faktanya, menggunakan mesin cuci bukaan depan dengan mesin cuci bukaan atas ternyata lebih hemat dengan mesin cuci bukaan depan.

Hal ini dikarenakan mesin cuci bukaan atas ternyata menghabiskan air hingga 170 liter dalam sekali putaran cuci. Berbeda dengan bukaan depan yang hanya menghabiskan air hingga 56 liter air dalam sekali cuci.

6. Jadwalkan Aktifitas Mencuci Baju

Jika kamu terlalu sering mencuci karena alasan nyicil, hal ini malah akan membuat kamu boros air. Sebaiknya jadwalkan mencuci seminggu sekali. Selain hemat air, tentu juga hemat tenaga dan hemat tagihan listrik, bukan?

Atau kalau kebanyakan seminggu sekali, bisa dengan seminggu dua kali. Asal tak setiap hari. Ini merupakan cara menghemat air dengan baik.

7. Gunakan Penyaring Air

Jika di rumahmu biasanya minum air galon, sebaiknya hematlah air dengan cara menggantinya dengan penyaring air. Hal ini akan membuat kamu lebih hemat air karena lebih memanfaatkan air keran di rumah daripada harus membeli air kemasan.

Harga penyaring air juga masih terjangkau. Sekitar 75 ribu yang paling murah. Dengan harga segitu kamu sudah bisa memanfaatkan air keran untuk konsumsi di rumah. Dan tentu saja penyaring yang dibilang mahal bisa bertahan lama dalam jangka panjang.

Itulah beberapa cara menghemat air yang bisa diaplikasikan untuk menghemat air. Jadi, sudahkan kamu menghemat air di rumahmu untuk menjaga lingkungan sekitar?