Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengelola Media Sosial Untuk Sebuah Bisnis

Daftar Isi [Tampil]

Cara Mengelola Media Sosial Untuk Sebuah Bisnis - Menggunakan media sosial untuk sebuah bisnis merupakan sesuatu yang sudah lumrah. Bahkan bisa dikatakan wajib di zaman yang serba digital ini.

Jika bisnis ingin tetap eksis, maka salah satunya adalah dipromosikan dengan menggunakan media sosial. Saat ini, sudah banyak bisnis yang berhasil karena dipasarkan melalui media sosial. Untuk mencapai keberhasilan tersebut dibutuhkan ketelatenan dalam mengelola media sosial. 

Cara mengelola media sosial untuk bisnis

Maka dari itu, harus dilakukan cara pengelolaan yang benar. Tentu, agar media sosial lebih terlihat profesional, sehingga bisa menarik banyak pelanggan. Dan mereka tetap loyal terhadap produk yang kita tawarkan.

Bagaimana sih tips mengelola media sosial agar bisnis bisa tetap eksis? Berikut ini akan aku jelaskan cara mengelola media sosial untuk sebuah bisnis.

1. Membuat Tim Media Sosial

Untuk sebuah bisnis, kamu harus membuat tim yang tugasnya mengelola akun media sosial. Mulai dari tim pembuat konten, hingga admin yang memegang akun media sosial tersebut. Dengan menyerahkan tugas ini kepada tim, maka tugasmu selaku owner akan lebih ringan.

Selain itu waktu milikmu tidak akan terbuang sia-sia. Dengan demikian, kamu bisa punya waktu banyak untuk melakukan hal penting lainnya, yang menyangkut bisnis milikmu.

Namun, jika kamu belum bisa membayar tim profesional untuk mengelola media sosial, maka solusinya bisa melibatkan keluarga. Misalnya saja melibatkan istri, suami atau adik. Ini bisa memangkas biaya untuk membayar admin.

Atau, saat ini sudah banyak jasa pengelola media sosial, dan jasa pembuat konten yang harganya relatif lebih murah. Nah, kamu bisa memanfaatkan jasa ini!

2. Menyiapkan Konten Berkualitas

Selanjutnya, agar bisnismu semakin berkembang dengan bantuan media sosial, maka yang harus kamu lakukan adalah membuat konten yang berkualitas.

Konten berkualitas maksudnya adalah konten yang menarik, sehingga pengguna media sosial yang melihatnya mereasa nyaman dan tidak terganggu dengan konten promosi milikmu itu.

Jika konten milikmu berupa foto atau gambar, maka gunakanlah foto atau gambar yang kualitasnya baik. Tidak pecah, tidak blur, dan didesain dengan rapih. 

Konten yang berkualitas akan menarik perhatian audience lebih banyak. Sehingga kemungkinan besar, akan mendapatkan pelanggan lebih banyak pula.

Namun perlu diperhatikan, konten yang berkualitas bukan hanya berisi promosi saja. Meainkan harus diselingi dengan tips-tips, atau informasi bermanfaat lainnya.

3. Membuat Jadwal Postingan

Kemudian, cara mengelola media sosial berikutnya adalah harus membuat jadwal posting harian. Jadwal posting harian ini sangat penting. Sebab, algoritma di media sosial salah satunya adalah mengutamakan akun yang sering update postingan.

Dan postingan yang dilakukan harus berkala dan terjadwal. Misalnya saja melakukan postingan sehari tiga kali (pagi, siang dan sore).

Nah, ini harus dilakukan dengan konsisten! Mulai saat ini, buatlah kalender postingan. Ini semacam to do list harian untuk memposting konten di media sosial.

4. Membalas Komentar Dan Pesan

Tips selanjutnya, dalam mengelola media sosial untuk kebutuhan bisnis adalah membalas semua komentar dan pesan yang masuk.

Berinteraksi dengan audience merupakan salah satu strategi media sosial marketing yang harus dilakukan.

Dengan adanya interaksi yang baik, maka akan memberikan kepercayaan dan loyalitas dari para pelanggan. Hal ini bisa meningkatkan brand awareness di media sosial.

Selain itu, salah satu algoritma media sosial adalah diharuskan melakukan interaksi dengan audience. Semakin banyak interaksi, maka akun tersebut semakin diprioritaskan oleh media sosial. Interaksi yang dilakukan bisa berupa, berkomentar, like, atau memberikan mention kepada pelanggan.

5. Melakukan Evaluasi Pencapaian

Teraktir, yang tak kalah penting adalah melakukan evaluasi terhadap pengelolaan media sosial.

Pada sebuah bisnis, melakukan evaluasi adalah sebuah hal yang penting. Termasuk salah satunya adalah melakukan evaluasi pada aku media sosial yang dikelola.

Evaluasi ini bisa dilakukan dari beberapa asepek. Misalnya:

  • Capaian followers
  • Rata-rata like pada tiap postingan
  • Jumlah postingan perhari
  • Kekonsistenan terhadap jadwal
  • Dan bisa mengevaluasi poin-poin penting lainnya yang ada pada pengelolaan media sosial.

Evaluasi dilakukan dengan tujuan agar ada perbaikan dari segi pengelolaan. Nah, jika hasil evaluasi sudah ada, dan masih banyak ditemukan kesalahan. Maka yang harus kamu lakukan adalah segera memperbaiki kesalahan tersebut.

Demikianlah cara mengelola media sosial untuk sebuah bisnis. Langsung saja, agar pengelolaan media sosial lebih terarah, mulailah lakukan dari poin pertama. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya blog Septiyan Media.