Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mendapatkan Pekerjaan Freelance Dengan Mudah

Daftar Isi [Tampil]

Cara Mendapatkan Pekerjaan Freelance Dengan Mudah - Di zaman yang serba online bekerja tidak harus ke luar rumah atau mengenakan seragam. Kamu bisa bekerja di rumah dan mendapatkan penghasilan tetap tiap bulannya. Banyak sekali pilihan bekerja di rumah secara online.

Cara mendapatkan pekerjaan freelance

Salah satunya adalah bekerja paruh waktu atau freelance. Menjadi freelance saat ini merupakan pekerjaan yang cukup menjanjikan. Asal memiliki kemampuan khusus kamu bisa menjadi freelancer.

Namun untuk memulai menjadi freelance tidak semudah itu, ada beberapa yang perlu kamu perhatikan untuk memulainya. Bagaimana caranya menjadi seorang freelance full time? Berikut ini adalah 7 cara mendapatkan pekerjaan freelance dengan Mudah:

1. Mengasah Kemampuan dan Bakat

Ketika ingin memulai menjadi seorang freelance mungkin kamu sempat berfikir akan bekerja di bidang apa? Yang terpenting adalah jangan merasa tidak memiliki kemampuan. Sebab kemampuan itu bisa dilatih dari sekarang.

Coba pikirkan terlebih dahulu, apa yang kamu sukai? Mungkin kamu suka menulis, maka ini bisa menjadi modal utama menjadi seorang freelance. Atau kamu gemar mengambil foto? Tentu saja menjadi fotografer juga bisa dijadikan sebagai profesi freelance.

Pikirkan baik-baik apa yang kamu sukai. Karena jika berawal dari yang digemari, kedepannya tidak berat lagi. Hampir semua hobi bisa dijadikan modal utama mencari pekerjaan freelance.

2. Tunjukkan Kemampuanmu di Sosial Media

Setelah memutuskan satu hobi yang paling relevan dan dikuasai, selanjutnya kamu harus menunjukan kemampuan itu kepada khalayak. Bagikan hasil karyamu di sosial media yang kamu gunakan. Seperti Instagram, Facebook atau Twitter. Bila perlu tunjukan kemampuan itu di Youtube juga.

Menunjukan kemampuan ini sangatlah penting. Fungsinya agar publik tau tentang kemampuan yang kamu miliki.

Seperti contoh tadi, ketika kamu menunjukan hasil foto yang bagus, maka secara perlahan kamu akan dikenal sebagai Fotografer. Nah, ini dimakan dengan istilah membangun personal branding.

3. Buatlah Portofolio dengan Baik

Cara mendapatkan pekerjaan freelance berikutnya adalah dengan membuat portofolio. Membuat portofolio tidak harus menunggu ada klien yang menggunakan jasa kita. Kamu bisa membangun portofolio sendiri dengan membuat projek secara rutin.

Contoh, jika kamu gemar mengambil foto, maka kamu bisa membuat portofolio di Instagram. Tampilkan foto-foto terbaik di galeri Instagramu, uploadlah foto secara berkala. Semakin banyak,maka semakin bagus potofoliomu.

Contoh selanjutnya, jika kamu gemar menulis, buatlah blog pribadi sebagai tempat menampilkan tulisan-tulisanmu. Buatlah tulisan secara rutin dan semenarik mungkin. Ini akan menjadi modal awal portofolio yang kamu miliki.

Begitupun dengan keahlian lain, kamu bisa membuat potofolio di platform yang cocok dengan kemampuanmu.

4. Promosikan Keahlian Dirimu

Setelah kamu menyiapkan portofolio yang baik, selanjutnya promosikan keahlian yang kamu miliki. Bisa dengan menggunakan bantuan sosial media, story Whatsapp atau bisa dari mulut ke mulut.

Langkah awal tawarkan kepada orang-orang terdekat terlebih dahulu. Seperti teman, sodara, atau teman lama yang sudah lama tidak jumpa. Pada tahap ini kamu harus percaya diri. Yakin saja, bahwa jasa yang kamu tawarkan akan ada peminatnya. Yang penting action!

5. Optimalkan Penggunaan Internet

Banyak cara mengenalkan sebuah kemampuan melalui internet. Jangan berpikir hanya terpaku pada sosial media saja. Kamu bisa menawarkan jasa melalu website atau blog.

Selain itu, jika kamu memiliki modal lebih, maka menggunakan iklan premium adalah solusi yang mantap. Kamu bisa memasang iklan di Facebook, Instagram atau bisa menggunakan jaringan iklan dari Google.

6. Menawarkan Jasa di Situs Freelance

Saat ini banyak situs-situs kerja freelance. Kamu bisa menawarkan kemampuan yang kamu miliki di situs-situs tersebut. Salah satu contohnya adalah: Sribu, Freelancer dan Upwork. Kamu bisa memilih salah satunya.

Buatlah penawaran yang menarik dengan mencantumkan portofolio yang sudah dibuat. Semakin menarik penawarannya, semakin besar juga kesempatanmu mendapatkan klien pertama.

7. Sabar dan Tekun Saat Menunggu

Yang paling penting adalah kamu harus sabar ketika menunggu clien pertama. Bagi yang awal-awal terjun ke dunia freelance banyak yang tumbang di tahap menunggu ini. Karena tidak sabar, mereka membatalkan niatnya menjadi seorang freelance.

Pasti ada saatnya kamu pendapatkan proyek freelance pertama. Dan apabila pekerjaan pertamamu dapat memuaskan klien. Tak ragu lagi, pasti klien tersebut akan order uang menggunakan jasamu. Maka dari itu, pastikan proyek pertama dikerjakan secara maksimal.

Itulah beberapa cara mendapatkan pekerjaan freelance dengan Mudah. Silahkan coba dari tahap pertama, kerjakan dengan seanng hati. Semoga berhasil dan mendapatkan proyek yang banyak, ya. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya blog Septiyan Media.