Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Memilih Hosting, Inilah Ciri Hosting Terbaik

Daftar Isi [Tampil]

Cara Memilih Hosting, Inilah Ciri Hosting Terbaik - Website merupakan media publikasi yang banyak sekali manfaatnya. Mulai dari untuk keperluan publikasi informasi publik, untuk bisnis, profile perusahaan ataupun untuk kebutuhan komunitas.

Cara memilih hosting terbaik

Website yang baik dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah faktor hosting. Hosting bagaikan rumah untuk website kita. Apabila hostingnya jelek, maka akan berdampak buruk terhadap reputasi website. Maka dari itu, usahakan tidak salah dalam memilih jasa hosting yang ada.

Lalu, bagaimana hosting yang baik itu?

Hosting yang baik memiliki beberapa ciri dan kriteria. Berikut ini cara memilih hosting terbaik untuk memenuhi kebutuhan website kamu.

1. Harga Hosting yang Murah tapi Tidak Murahan

Langkah pertama yang harus menjadi pertimbangan adalah harga hosting yang akan kita gunakan. Pastikan harga sesuai dengan kantong pribadi. Dan sesuai dengan jenis website yang akan dibuat.

Untuk website pribadi, kamu tidak perlu hosting yang mahal dan tidak memerlukan spek yang terlalu besar. Berbeda untuk website yang fungsinya untuk upload gambar atau video. Tentu, ini memerlukan hosting yang memadai.

Kamu bisa memilih hosting yang harganya terjangkau. Namun tetap memiliki kualitas yang oke. Intinya, murah tapi tidak murahan. Sekarang sudah banyak, hosting yang harganya murah dengan kualitas yang bagus.

2. Kualitas Hosting Bagus, Tidak Mengecewakan

Cara memilih hosting terbaik berikutnya adalah memilih hosting yang kualitasnya bagus. Sebenarnya ini sudah di ulas sedikit pada poin satu.

Bagaimana hosting yang bagus itu?

Hosting yang bagus adalah hosting yang tidak membuat penggunanya jengkel. Berdasarkan pengalaman, aku suka jengkel kalo hosting kualitasnya jelek. Nah ini patokannya!

Berikut ini ciri-ciri hosting yang bagus:

  • Loading cepat
  • Mudah diakses
  • Server tidak mudah down
  • Bisa menangkal virus
  • Keamanan ganda
  • Data mudah di backup.

3. Kapasitas Besar, Alias Unlimited

Hosting yang baik adalah hosting yang memiliki kapasitas besar. Kalau bisa unlimited. Baik unlimited penyimpanannya, ataupun unlimited bandwidth-nya.

Dengan kapasitas yang besar, kamu bisa dengan nyaman upload fail ke dalam hosting. Selain itu, pengunjung website akan nyaman, karena tidak dibatasi bandwidth.

4. Fasilitas dan Fitur Hosting Banyak Pilihan

Selain kapasitas hosting, fasilitas atau fitur yang ditawarkan penyedia hosting juga harus memadai. Selain itu harus banyak pilihan. Sehingga dapat mempermudah ketika mengelola website.

Adapun ciri fasilitas hosting yang baik adalah:

  • Dapat menambahkan banyak domain dan subdomain
  • Bisa mengelola custome email untuk bisnis, Atau fordward email
  • Ada fasilitas website builder
  • Memiliki layanan SSL
  • File manager yang mudah diakses.

5. Kecepatan Hosting Harus Maksimal

Selanjutnya, cara memilih hosting terbaik adalah dengan memperhatikan loading hosting.

Loading hosting sangat berpengaruh terhadap kecepatan website. Hosting yang kecepetan aksesnya lemot, maka website yang kita miliki pun akan lemot.

Hasilnya? Kamu akan kehilangan banyak pengunjung. Selain itu, website yang sulit diakses akan kurang ramah di mesin pencari. Sehingga sulit untuk mendatangkan pengunjung.

Maka dari itu, pastikan kamu memilih hosting dengan kecepatan yang super wuzz. Agar ramah di mesin pencari, dan dapat dengan mudah mencari visitor.

6. Pelayanan yang Friendly

Hosting terbaik memiliki pelayanan yang Friendly. Penyedia jasa hosting memiliki layanan customer yang ramah.

Berikut ini pelayanan customer hosting yang friendly:

  • Ketika kamu ada keluhan, mereka siap membantu.
  • Ketika kamu bertanya, mereka menjawab dengan ramah.
  • Ketidak tidak paham, mereka menjelaskan
  • Tak mengenal waktu, mereka melayani 24 jam selama 7 hari.

Nah, pelayanan ini merupakan cerminan dari kualitas hosting. Jika pelayanan yang diberikan maksimal, maka jangan ragu lagi terhadap kualitas hostingnya. 

Pelayanan yang friendly akan menjadikan kamu nyaman dan tenang. Karena ketika ada masalah terkait hosting. Kamu bisa langsung konsultasi kepada mereka.

Itulah tips-tips memilih hosting yang baik untuk kebutuhan website. Pastikan enam poin tersebut ada pada kriteria jasa hosting yang akan kamu gunakan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya blog Septiyan Media.