Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Jual Emas di Pegadaian Agar Tidak Rugi

Daftar Isi [Tampil]

Cara Jual Emas di Pegadaian Agar Tidak Rugi - Emas merupakan barang mewah yang sudah diakui sejak zaman dulu. Keberadaan emas jumlahnya terbatas, sehingga memiliki harga jual yang tinggi dan relatif stabil.

Cara jual emas di pegadaian

Selain sebagai perhiasan, emas juga sering digunakan untuk bahan lainnya seperti untuk gigi palsu, bahan kecantikan dan saat ini bisa dijadikan sebagai alat investasi.

Investasi emas jika dilakukan dengan benar, bisa menguntungkan. Namun banyak faktor yang mempengaruhi itu semua. Salah satunya adalah kadar emas dan cara menjual emas agar tidak rugi saat menjual emas, berikut ini adalah 5 cara jual emas di pegadaian dengan mudah.

1. Membawa Surat Pembelian Emas

Langkah pertama yang perlu diperhatikan saat akan menjual emas adalah surat pembelian emas. Pastikan kamu membawa surat tersebut ketika datang ke pegadaian.

Jadi, ketika kamu membeli emas, pastikan surat-suratnya lengkap. Kemudian simpan baik-baik surat itu agar tidak hilang atau rusak. Sehingga ketika akan menjual emas di pegadaian, harganya tidak jatuh.

2. Pahami Kadar Emas dan Cari Tau Harga Jualnya

Satuan yang digunakan untuk menghitung kadar emas adalah Karat. Sehingga harga jual emas dipengaruhi oleh besar karatnya dan juga berat timbangannya. Semakin besar kadar emas, maka semakin besar juga harganya.

Nah, sebelum menjual emas ke pegadaian pastikan kamu mengetahui besaran kadar pada mas tersebut. Kemudian cari tau harga per gram dari emas dengan kadar karat tersebut. Dengan mengetahui harga jual, kamu bisa memperkirakan harga emas tersebut.

3. Teliti Saat Menggunakan Alat Penguji Keaslian Emas

Saat menjual emas di pegadaian kita harus teliti. Terutama ketika proses pengujian keaslian emas. Biasanya untuk menguji tingkat keaslian emas menggunakan alat bernama Avometer atau X-Ray Flourescence.

Tapi, kadang ada beberapa oknum yang nakal, mencoba menguji keaslian emas dengan cara di gorok. Penggosokan pada emas, ini dapat mengurangi kadar emas yang ada.

Sehingga mengurangi timbangan, dan otomatis harga emas akan lebih rendah. Maka, jangan pernah mau ketika ada petugas yang hendak menggosok emas yang kamu miliki.

4. Cari Pegadaian Yang Tepat dan Terpercaya

Menjual emas di pegadaian merupakan pilihan tepat jika dibandingkan menjual di toko emas pada umumnya. Biasanya pegadaian membayar 97 persen dari harga jual di pasaran.

Namun, kamu juga harus bisa memastikan. Pilihlah pegadaian yang tepat dan terpercaya agar emas yang kamu miliki tidak dihargai dengan nilai yang murah.

5. Menjual Emas di Tempat Pembelian Emas

Selain ke pegadaian, alternatif lain untuk menjual emas adalah ke toko tempat awal membeli emas. Toko tersebut biasanya menerima penjualan emas kembali, namun dengan beberapa potongan. Tergantung kebijakan tiap tokonya.

Tapi ini akan lebih menguntungkan, jika dibandingkan dengan menjual ke toko lain. Menjual ke toko lain, bisa dikenakan potongan hampir setengah harga beli.

Demikianlah beberapa tips cara jual emas di pegadaian agar tidak rugi besar. Kamu bisa mempertimbangkan beberapa hal di atas sebelum berniat menjual emas yang kamu miliki. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya blog Septiyan Media.