Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Hidup Sehat dan Hemat Paling Praktis

Daftar Isi [Tampil]

Cara Hidup Sehat dan Hemat Paling Praktis - Tentu bertubuh sehat adalah dambaan setiap orang, bukan? Apalagi buat kamu yang aktifitas sehari-harinya hampir tak memiliki waktu istirahat kecuali makan siang saja.

Cara hidup sehat dan hemat

Bagaimana sih cara menjalani hidup sehat dengan tetap berhemat? Yuk, simak baik-baik cara hidup sehat dan hemat yang bisa kamu praktikan berikut ini:

1. Beristirahatlah Yang Cukup

Cara pertama agar hidupmu sehat adalah dengan mengambil istirahat yang cukup. Sengajalah untuk membuat waktu tertentu untuk memberikan hak kepada tubuh dalam mengistirahatkan diri. Jangan sampai terlalu menyiksa diri dengan begadang terus-terusan. 

Ini malah akan membuat dirimu tersiksa dan justru menambah beban di kemudian hari karena sakit. Bukankah perawatan dan pengobatan sakit akan lebih mahal ketimbang menjaga kesehatan? Jadi, cukupkan istirahatmu, ya. Ini adalah cara untuk sehat dan tentu saja hemat.

2. Hindarkanlah Dirimu Dari Stres

Cara hidup sehat dan hemat berikutnya adalah dengan menghindari stres. Stres biasanya berlaku bagi kamu-kamu yang memiliki kerjaan dengan tanggung jawab yang bertumpuk-tumpuk. Alhasil, diri terpicu stres yang berlebihan.

Kadang-kadang kamu perlu untuk merenggangkan otot otakmu dengan tak terlalu dalam memikirkan pekerjaan. Boleh mikir, tapi jangan berlebihan. Nah, untuk itu kamu bisa membuat rileks dirimu dengan meminum air putih agar tak terlalu tegang. 

Kalau masih sempat, selingi dengan hobi atau aktifitas yang membuatmu bahagia. Lalu tetap berusaha berpikir positif. Jika kamu tak setres, tentunya penyakit kemungkinan kecil muncul dari dalam dirimu.

3. Stop Untuk Merokok

Sejak dulu rokok memang berdampak buruk bagi semua orang dan ini perlu dihentikan demi menjaga kesehatan.

Pada bungkus rokok padahal sudah diperingatkan bahwa rokok akan membunuhmu dan dampak rokok banyak. Seperti akan membuat tenggorokan infeksi, tekanan darah atau mungkin paru-paru yang radang.

Coba jika kamu sehari merokok sebanyak satu pelat rokok dengan harga 20 ribu. Sebulan tentu kamu akan 4. Perbanyak Minum Air Putih menghabiskan uang sebanyak 600 ribu hanya untuk rokok. Daripada dibuat beli rokok, mending diinvestasikan, atau dibelikan sepatu joging bukan?

4. Perbanyak Minum Air Putih

Kita tahu. Sebesar 60 % dari kandungan yang ada dalam tubuh kita adalah air. Artinya, untuk mencegah dehidrasi kita butuh banyak untuk minum air putih setiap harinya, bukan?

Setidaknya, minumlah 8 gelas air dalam sehari atau dua liter agar asupan gizi dalam tubuh tetap seimbang. Ini merupakan cara hidup sehat dan hemat. Untuk sehat dan tetap berhemat, sebaiknya bawalah bekal minuman air putih sendiri dari rumah dengan tumblr pribadi kita.

Sebab, jika kita terus-terus membeli air kemasan dari luar tentunya selain boros uang, botol minuman yang sekali buang juga akan membuat sampah bertumpuk-tumpuk. Apalagi uang yang kamu belikan air bisa kamu tabung dan kamu investasikan. Lumayan sekali, kan?

5. Berolahragalah Dengan Teratur

Nah, ini yang dimaksudkan olahraga tanpa harus mengeluarkan uang. Kamu bisa berlari setiap pagi hanya dalam waktu 15 menit saja itu sudah cukup. Tak perlu mahal-mahal ke gym untuk berolahraga.

Jika kamu beralasan tak ada waktu, masak meluangkan 15 menit saja tak ada dalam 24 jam milikmu? Padahal kan, olahraga juga untuk kepentingan kelancaran peredaran darah dan kekuatan otot dan tulangmu sendiri, bukan?

Dengan hanya berlari keliling kompleks kamu tak mengeluarkan biaya tapi tetap sehat ataupun membeli barbel. Dibanding harus berlangganan gym sebulan 400 ribu. Lebih boros malahan.

6. Makanlah Makanan Yang Sehat

Banyak yang berpikir bahwa makanan sehat itu juga mahal. Padahal kalau kita pikir-pikir, makanan sehat itu murah meriah. Tak melulu mahal. Kamu bisa pergi ke pasar dengan uang 10 ribu dan kamu sudah bisa mendapatkan tempe satu papan, bayam satu ikat serta bumbunya.

Dengan menyiakan makanan sehat yang murah meriah, kamu bisa makan sesuai seleramu dan tentu lebih higienis dan bergizi ketimbang beli dari luar.

Itulah beberapa tips cara hidup sehat dan hemat yang bisa langsung kamu praktikan. Sebab sehat tak harus mahal. Semangat hidup sehat, ya! Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya blog Septiyan Media.