Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Alasan Mengapa Membeli Rumah Subsidi

Daftar Isi [Tampil]

Alasan Mengapa Membeli Rumah Subsidi - Apakah kamu berniat membeli rumah? Akan tetapi, budget di kantongnya ternyata belum cukup untuk melunasi cicilannya? Nah, jika budget yang kamu miliki terasa belum cukup, tak ada salahnya kamu memutuskan membeli rumah subsidi saja.

Alasan membeli rumah subsidi

Perlu diketahui, beberapa orang memutuskan untuk membeli rumah subsidi dikarenakan, selain harganya yang terjangkau untuk kalangan menengah ke bawah, syarat yang harus dipenuhi juga tak terlalu rumit.

Apalagi kini rumah non subsidi semakin hari harga yang ditawarkan semakin besar. Tak heran masyarakat malah memilih untuk membeli rumah non subsidi tersebut. Rumah subsidi ini juga dimanfaatkan oleh para milenial, untuk memulai membeli rumah sejak awal. 

Mereka memutuskan membeli rumah subsidi saja daripada non subsidi yang mahalnya selangit. Ada beberapa alasan penting kenapa kita dianjurkan untuk membeli subsidi. Mulai dari DP ringan hingga keadaan rumah yang sudah siap huni.

Apa aja sih alasan penting membeli rumah subsidi?

Nah, Berikut ini adalah beberapa alasan membeli rumah subsidi yang harus kamu ketahui, bisa menjadi penguat kenapa harus membelinya.

5 Alasan Mengapa Membeli Rumah Subsidi

1. Cicilan Rumah Subsidi Ringan

Alasan pertama yang akan kamu peroleh ketika ingin membeli rumah subsidi adalah dikarenakan cicilan rumah subsidi ringan dan tidak membebani. Kini untuk peraturan barunya, cicilan perbulannya hanya berkisar 8 juta rupiah saja. 

Wajar saja, Rumah subsidi memang disediakan untuk para MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah). Untuk permasalahan bunga, rumah subsidi pun tak begitu membebani. Bahkan rumah subsidi hanya dikenakan bunga fixed rate atau tetap. Dan itu dihitung sampai masa tenornya selesai.

2. Persyaratan Membeli Rumah Subsidi Mudah

Alasan selanjutnya ketika kamu ingin membeli rumah subsidi yaitu bahwa persyaratan untuk membeli rumah ternyata mudah. Jadi, pemerintah memang sengaja memberikan syarat yang tak menyulitkan masyarakat.

Seperti misal, WNI yang berusia minimal 21 tahun, penghasilan yang dimiliki tetap, belum punya rumah pribadi, NWP, fotokopi SPT dan PPh. Dan yang terakhir kamu belum pernah menerima subsidi pemerintah dalam rangka membeli rumah baru.

Kalau syarat-syarat tersebut sudah kamu penuhi, kamu akan bisa membeli rumah subsidi dengan DP dan cicilan yang ringan!

3. Rumah Sudah Siap Huni (Bukan Rumah Inden)

Alasan membeli rumah subsidi adalah bahwa rumah subsidi bukanlah rumah inden. Artinya semua rumah subsidi sejak awal sudah siap untuk dihuni. Jadi kamu tak perlu khawatir mengenai developer yang akan menipumu dengan kasus kegagalan pembangunan. 

Yang bikin masyarakat gregetan dengan developer rese seperti itu. Jadi jika kamu fix untuk membeli rumah subsidi, kamu nantinya akan dibolehkan untuk mengecek secara langsung rumah di lokasi yang telah ditempati.

4. Uang Muka Rumah Subsidi Murah

Di awal sudah dijelaskan keuntungan membeli rumah subsidi memiliki cicilan yang ringan. Jadi, uang muka rumah subsidi juga ringan dan murah. Uang muka yang ditawarkan oleh para pengembang atau developer hanya berkisar sekitar 1 persen dari harga rumah saja. 

Untuk cicilan rumah bahkan hanya sekitar 8 juta rupiah. Buat kamu yang kantongnya belum banyak, kamu bisa memanfaatkan rumah subsidi ini.

5. Developer Terpercaya

Alasan membeli rumah subsidi berikutnya adalah, jika kamu memang benar-benar memutuskan membelinya kamu tak perlu mencemaskan mengenai developer yang nakal. Sebab developer untuk rumah subsidi tentunya sudah mengadakan kerjasama dengan Kementerian Perumahan Rakyat.

Jadi bisa dipastikan developer yang ada di program rumah subsidi sudah terdaftar di asosiasi pengembang resmi. Misalnya saja REI dan APERSI.

Itulah beberapa alasan yang harus kamu tahu mengenai rumah subsidi ketika kamu memutuskan untuk membeli rumah subsidi. Apakah kamu juga berkeinginan memiliki rumah subsidi?