Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Alasan Mengapa Kamu Harus Menabung Saham

Daftar Isi [Tampil]

Alasan Mengapa Kamu Harus Menabung Saham - Saat ini, investasi saham mulai ngetren di kalangan milenial. Hal ini dikarenakan, investasi saham memiliki hasil yang nyata dengan keuntungan yang menjanjikan.

Alasan mengapa harus menabung saham

Awalnya, investasi saham memang terdengar asing bagi para milenial. Pasalnya, ketika mendengar kata investasi, pasti kita akan berpikir bahwa investasi butuh modal besar. Padahal seiring perkembangan zaman, investasi bisa dilakukan dengan modal awal minimal Rp 100.000 saja untuk sekali invest. 

Tentu saja ini sangat menarik perhatian banyak orang terutama para milenial. Apakah kamu milenial yang tertarik menabung saham? Berikut ini adalah beberapa alasan kuat kenapa milenial harus menabung dalam bentuk investasi saham.

1. Investasi Saham Seperti Memiliki Perusahaan Sendiri

Ketika berinvestasi saham, maka secara otomatis kita adalah pemilik perusahaan tersebut. Contoh, ketika membeli saham Perusahaan Indofood atau sahamnya Bank BRI. Maka kita adalah salah satu pemilik perusahaan tersebut.

Dan artinya kita berhak untuk ikutan RUPS setiap tahunnya, tentu saja berhak pula atas deviden dari perusahaan tersebut. Mantap kan? dan yang paling mantap adalah kepemilikan saham ini akan berpengaruh pada isi rekeningmu apalagi dompetmu.

Kemudian, keuntungan yang didapat bukan hanya dari hasil jual beli saham saja. Melainkan kita juga bisa mendapatkan keuntungan dari pembagian hasil dari keuntungan perusahaan. Agar lebih untung lagi, makanya aku sangat menyarankan untuk berinvestasi di perusahaan yang kinerjanya stabil, supaya keuntungan yang kita dapat juga stabil.

2. Investasi Saham Aman Dan Terpercaya

Kamu tahu tidak, bahwa pemerintah sangat mendukung tabungan dalam bentuk investasi saham? Jika belum tahu, beruntunglah kamu karena kini sudah mulai tahu, kan? 

Ya! Karena pemerintah mendukung penuh tabungan investasi saham, maka pemerintah juga membuat jaminan keamanan atas transaksi saham yang telah kamu pilih.

Untuk langkah selanjutnya, kamu sebagai milenial yang jeli hanya tinggal memilih saja perusahaan mana yang masuk daftar OJK dan memiliki jaminan keamanan yang jelas.

3. Investasi Saham Akan Menjaga Kestabilan Ekonomi

Saat ini, pemerintah sedang gencar-gencarnya mengajak seluruh rakyat Indonesia yang ingin menabung untuk menabung dalam bentuk investasi saham. Pasalnya, kita tak bisa menafikkan bahwa ternyata inves di Indonesia kebanyakan justru investor yang berasal dari luar negeri.

Nah, tujuan pemerintah menggalakkan gerakan berinvestasi saham adalah supaya anak bangsa terutama kaum milenial, mencoba berinvestasi untuk negeri sendiri. Artinya, ketika anak bangsa berinvestasi saham, ia telah berpartisipasi dalam membangun negeri dengan cara membangun perusahaan.

4. Investasi Saham Menambah Jumlah Tabungan

Meskipun menabung saham memiliki risiko yang lebih besar daripada menabung konvesional, ternyata investasi saham juga memiliki keuntungan yang lebih besar dibandingkan menabung konvensional.

Akan sangat memungkinkan bagi kamu para milenial mendapat keuntungan besar bersamaan dengan keuntungan yang dibagikan. Selain itu, transaksi saham tentu saja akan terus berjalan dan tidak pernah berhenti.

5. Investasi Saham Mudah Dilakukan

Kenapa investasi saham mudah sekali dilakukan? Karena investasi saham bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja selama ada koneksi internet di gadgetmu. Investasi saham bisa dilakukan di ponsel pintarmu, ataupun laptop milikmu.

Zaman sekarang namanya milenial, pasti punya Smartphone dong! Apalagi, untuk berinvestasi saham tak perlu diributkan dengan harus memiliki sertifikat dan persetujuan ngalor ngidul yang justru akan membuang-buang tenaga dan waktu. Bagaimana, mudah bukan?

6. Investasi Saham Tabungan Jangka Panjang

Tabungan saham bisa menjadi tabungan jangka panjang yang keuntungannya bisa dinikmati di masa depan. Semakin dini memulai investasi saham, maka jaminan hari tua atau masa pensiun akan semakin terjamin.

Tentu, investasi saham dapat meringankan beban hidup di kemudian hari. Maka dari itu, ayo mulai investasi saham dari sekarang juga.

Demikianlah beberapa alasan kenapa harus menabung saham. Sekarang sudah mulai memahami kan, kenapa investasi saham sangat penting apalagi bagi milenial seperti kamu? 

Jika kamu kurang memahami penjelasan di atas, kamu bisa bertanya kepada rekan-rekanmu yang sudah mempraktikkannya. Sebenarnya investasi saham itu mudah asalkan benar-benar niat. Mari pelajari lebih lanjut lagi. Selamat berinvestasi!