Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Mengapa Kamu Harus Menabung Emas

Daftar Isi [Tampil]

Alasan Mengapa Kamu Harus Menabung Emas - Sebelum membahas tabungan emas, masih ingatkah bahwa kita sudah diajarkan untuk menabung sedini mungkin? Ya, saat sekolah misalnya, kita disuruh menabung uang, menyisihkan sebagian uang jajan untuk ditabungkan di sekolah dalam bentuk buku tabungan.

Menabung yang diajarkan saat masih sekolah banyaknya adalah menabung dalam bentuk uang. Menabung dalam bentuk uang ini adalah gambaran kecil dari praktik menabung. Menabung uang bukanlah satu-satunya cara menabung dan berinvestasi.

Menabung emas

Melainkan masih ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menabung. Cara menabung dalam bentuk lain adalah bisa dengan cara menabung emas. Di bangku sekolahan mungkin masih awam tentang pengetahuan menabung emas. 

Sehingga generasi milenial yang beranjak dewasa, belum banyak yang tahu apa saja manfaatnya. Berikut ini adalah alasan menabung emas itu penting yang harus kamu ketahui. Langsung saja yuk simak dibawah ini.

1. Nilai Emas Tidak Pernah Turun Menjadi Nol

Menabung uang di rekening bank memiliki resiko yang besar, salah satunya yaitu penurunan nilai tukar pada uang tersebut. Fakta di lapangan yang sering dibahas adalah menurunnya nilai tukar rupiah terhadap dolar.

Pada kasus ini, kita selaku pelaku yang menabungkan uang di rekening bank tidak bisa berbuat banyak terhadap fenomena penurunan nilai tukar mata uang tersebut. Sedangkan jika dibanding dengan nilai tukar emas, emas nilai tukarnya akan naik terus. 

Andaikan turunpun akan turun sesuai dinamika pasar, tergantung penawaran dan penerimaan. Tetapi meskipun turun, nilai tukar emas tidak akan pernah menjadi Nol dan ini relatif stabil. Sehingga menabung emas lebih aman jika dibandingkan dengan menabung uang.

2. Emas Selalu Bisa Ditukar Dengan Uang

Alasan penting menabung emas berikutnya, kita akan melihat perbandingan dari segi alat tukar, yakni alat tukar lintas negara. Ketika kita menabung di rekening bank sejumlah uang, maka nilai tukar uang tersebut jika dibawa ke luar negri akan berkurang nilainya.

Misal tentu saja nilai satu juta rupiah di Indonesia, jika di bawa ke luar negeri maka nilai tukarnya berkurang. Karena nilai tukar tiap negara berbeda-beda. Berbeda ketika kita menabung emas. Nilai tukarnya akan tetap sama menyesuaikan harganya meski di bawa ke luar negri.

Jadi gini kalau kamu membeli emas 10 gram di Indonesia, kemudian emas tersebut dibawa ke luar negeri. Maka nilai emas akan tetap 10 gram, dan jika ditukar dengan uang akan menyesuaikan nilainya dengan nilai tukar di Negara tempat kita menjual emas.

3. Menabung Emas Bentuknya Portable

Alasan pamungkas yang harus kamu ketahui adalah, bahwa emas itu sifatnya sangat portable dan tidak mudah terlacak. Ketika kita menabung sejumlah uang di rekening bank. Maka secara otomatis kekayaan uang yang kita miliki dapat dengan mudah diketahui. 

Dan rekam jejaknya jelas dapat dilacak, sehingga dapat dengan mudah uang kita sewaktu-waktu bisa dibekukan oleh pihak tertentu.

Berbeda dengan menabung emas, orang lain tidak akan ada yang mengetahui seberapa banyak emas yang kita miliki. Artinya, tidak ada rekeam jejak atas harta yang kita tabungkan pada emas. Gimana, betul kan?

Itulah beberapa alasan penting menabung emas yang harus kamu ketahui, utamanya kamu yang terlahir sebagai generasi milenial. Menarik kan, menabung emas ini? 

Hayu kita mulai menabung emas dari sekarang juga. Jangan biarkan nilai uangmu semakin terkikis dari hari ke hari dan semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, serta sampai jumpa lagi di artikel lainnya blog Septiyan Media.