Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Alasan Bekerja Di Startup Bagi Fresh Graduate

Daftar Isi [Tampil]

Alasan Bekerja Di Startup Bagi Fresh Graduate - Perusahaan startup sekarang mulai bermunculan di mana-mana. Terutama di kota-kota besar. Banyaknya startup tentu semakin membuka peluang pekerjaan baru.

Alasan bekerja di startup bagi fresh graduate

Tak aneh, jika peminat bekerja di startup saat ini semakin banyak juga. Terutama bagi para fresh graduate yang baru menyelesaikan pendidikannya. Berikut ini adalah 8 alasan kenapa kamu harus memulai karier di startup.

1. Dapat Menyumbangkan Gagasan

Kultur kerja di perusahaan biasa dengan di startup sangatlah berbeda. Ketika bekerja di perusahaan biasa, kamu akan terbiasa dengan kultur yang datar. Gagasan atau ide yang kamu sampaikan harus melewati dulu beberapa hirarki perusahaan. 

Dan besar kemungkinan akan ditolak. Apalagi karyawan baru sepertimu. Berbeda dengan perusahaan startup. Biasanya kamu dapat dengan bebas mengungkapkan gagasan dan gagasan tersebut akan menjadi bahan pertimbangan langsung sebagai kerja nyata perusahaan. Sehingga pekerjaanmu tidak akan monoton.

2. Mudah Meningkatkan Skill

Menyambung alasan yang pertama, ketika kamu dapat dengan bebas berpendapat. Maka untuk mengembangkan skill-pun akan lebih leluasa. Kemampuanmu akan terus berkembang seiring dengan lamanya kamu bekerja. Jadi kerja di startup akan lebih mudah mengembangkan skill dibanding di perusahaan biasa.

3. Lebih Fleksibel

Nah, alasan bekerja di startup yang selanjutnya mungkin paling diimpikan anak muda sepertimu. Yaitu fleksibelitas saat bekerja. Di perusahaan pada umumnya, jam kerja, hari libur dan agenda semuanya sudah diatur sesuai standar kerja pada umumnya kerja 8 jam, dan libur tanggal merah.

Berbeda dengan perusahaan startup, biasanya ini lebih fleksibel. Kamu bisa dengan bebas mengambil hari libur, kemudian jam kerja juga sesuai keinginan kita. Namun tetap harus digaris bawahi, meskipun fleksibel kamu harus bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

4. Posisi Sesuai Keterampilan Atau Passion

Perusahaan besar biasanya mempekerjakanmu sesuai ijazah yang kamu miliki. Padahal, ijazah tidak menjamin keterampilan yang kamu miliki. 

Berbeda dengan startup. Perusahaan startup biasanya mempekerjakan karyawannya sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Dan banyak yang tidak memperhatikan ijazah yang dimilikinya. Asal kamu memiliki keterampilan di satu bidang, kamu sudah bisa bekerja di perusahaan startup.

5. Fokus pada Pengembangan Diri

Karena kamu bekerja sesuai dengan bidang yang kamu minati. Tentu saja, ini memudahkanmu untuk mengembangkan dirimu sesuai keterampilan yang kamu minati. Sehingga bekerja di startup bisa lebih fokus mengembangkan diri. Kedepannya, akan lebih mudah mengembangkan karier yang kamu geluti.

6. Tanggung Jawab yang Besar

Eit, meskipun bekerja di startup terlihat lebih menyenangkan. Tanggung jawab yang kamu pikul juga lebih besar lagi. Namun ini bisa menjadi alasan bekerja di startup. Sebab, tanggung jawab yang besar bisa melatih dirimu lebih disiplin dan lebih giat lagi bekerja.

Sehingga di kemudian hari, kamu sudah terbiasa bekrja dengan memikul tanggung jawab. Dan ini akan semakin terasa ketika kamu sudah berkeluarga.

7. Lingkungan yang Tidak Membosankan

Lingkungan kerja di startup tidak akan membosankan. Kamu berada di lingkungan yang satu frekuensi. Memiliki kemampuan yang sama, minat yang sama. Selain itu, lingkungan di startup penuh dengan orang-orang kreatif dan inovatif. 

Sehingga bekerja di startup akan lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Di beberapa startup kamu juga bisa menata tempat kerja sesuai dengan keinginanmu. Sehingga bisa tercipta lingkungan yang lebih berwarna, tidak monoton.

8. Bekal Membuka Bisnis Startup

Alasan terakhir yaitu sebagai bekal untuk membuka bisnis startup. Ketika kamu bekerja di perusahaan startup tidak menutup kemungkinan untuk memulai bisnis serupa. Tentu dengan inovasi-inovasi yang terbaharukan.

Kamu bisa belajar banyak hal, mulai dari cara kerja, lingkungan dan sistem bekerja. Semuanya bisa menjadi pelajaran baru untuk bekal membuka bisnis.

Itulah penjelasan terkait delapan alasan bekerja di startup untuk para fresh graduate. Poin-poin tersebut bisa menjadi pertimbangan untukmu bekerja di startup. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya blog Septiyan Media.