Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Akibat Telat Ganti Oli Motor

Daftar Isi [Tampil]

Akibat Telat Ganti Oli Motor - Apakah kalian jarang mengecek oli yang ada di motor kalian dan sering lupa atau telat mengganti oli motor?

Akibat telat ganti motor
Gambar dari motorplus-online.com

Sebaiknya mulai sekarang lebih memperhatikan oli pada motor kalian ya soalnya ada beberapa akibat telat ganti oli motor dan berikut akibatnya.

Akibat Telat Ganti Oli Motor

1. Mesin Lebih Mudah Panas

Fungsi oli memang bisa sebagai pendingin. Bila terlambat mengganti oli akibatnya mesin akan menjadi lebih cepat panas atau sering overheat hal itu karena oli yang ada di motor tidak bisa mendinginkan mesin dengan baik. Kalau hal ini terjadi segeralah ganti oli agar komponen mesin motor kalian aman.

2. Bahan Bakar Menjadi Lebih Boros

Tidak adanya oli menyebabkan gesekan komponen di mesin menjadi kasar, sehingga performa pada motor kurang bagus diakibatkan karena kurangnya pelumasan dari oli. Efeknya bahan bakar pada motor kalian akan menjadi lebih boros.

3. Memperpendek Usia Mesin Motor

Dengan rutin mengecek dan mengganti oli secara berkala, kalian telah berhasil memperpanjang usia pada mesin motor atau lebih lama. Ini bisa menjadi perbandingan dengan mesin motor yang olinya sering telat diganti yang usia mesin motor lebih pendek.

4. Menjadi Kurang Oke Ketika Dibawa Jarak Jauh

Jika kalian mengendarai motor yang sering telat ganti oli ntah itu oli mesin ataupun oli gardan, maka nantinya suara mesin pada motor tersebut terdengar lebih kasar dibandingkan dengan yang rutin ganti oli suaranya lebih halus. 

Karena suara dan getaran-getaran pada mesin motor itulah yang menyebabkan motor yang telat ganti kurang oke ketika dibawa untuk menempuh jarak jauh soalnya di jalan nanti akan merasakan ketidaknyaman dalam mengendarai motor.

5. Merusak Komponen Mesin

Telat ganti oli pada motor akan membuat komponen pada mesin yang saling bergesekan bisa lebih cepat mengalami keausan karena kurang pelumasan dan kekentalan oli tidak bisa lagi untuk mengurangi gesekan dari komponen-komponen. 

Tentunya dampaknya akan merugikan bagi pemilik motor karena nantinya akan ada kerusakan komponen mesin dan hal yang buruk ialah turun mesin atau membongkar keseluruhan mesin motor pastinya untuk memperbaiki kerusakan diperlukan biaya perbaikan yang terbilang lumayan banyak.

Demikian artikel mengenai Akibat telat ganti oli motor. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya blog Septiyan Media.