15 Cara Ampuh Menghemat Baterai Android Agar Tidak Boros

Kalian pengguna Android pasti kadang sering mengeluh tentang baterai Smartphonemu yang cepat habis atau boros. Tentunya, dengan baterai HP Android yang boros akan membuatmu menjadi repot karena harus mencharge hp Android hampir tiap jam, apalagi disaat kamu sedang membutuhkannya. Mungkin hal itulah yang menyebabkan banyak orang bertanya-tanya bagaimana sih cara menghemat baterai Android agar tidak cepat habis? dan tips atau cara mengatasi Android yang boros baterai?.

cara ampuh menghemat baterai android
Gambar dari Blogs.systweak.com
Maka dari itu, di artikel ini aku akan memberikan 15 tips yang bisa kamu coba mengenai cara ampuh menghemat baterai Android agar tidak boros. Tanpa lama-lama langsung saja inilah beberapa tipsnya yang bisa kamu coba langsung atau praktekan untuk Androidmu.

1. Gunakanlah Wallpaper Warna Hitam

Jika Smartphone Androidmu layarnya berjenis AMOLED, maka saran dari aku gunakan saja wallpaper yang berwarna hitam. Karena dengan wallpaper yang tampilannya gelap, akan sedikit juga konsumsi daya pada ponsel dan tentunya akan membuat ponselmu menjadi lebih hemat baterai.

2. Jangan Gunakan Live Wallpaper

Live wallpaper dapat membuat tampilan pada layar Smartphone menjadi jauh lebih menarik dibanding tampilan wallpaper biasa. Namun sayangnya, Live Wallpaper dapat membuat Smartphone menjadi lebih boros baterainya. Maka dari itu, gunakanlah wallpaper yang dari bawaan hp atau biasa diam tidak bergerak.

3. Gunakan Mode Pesawat

Jika kalian mengaktifkan mode pesawat, maka Androidmu akan menjadi lebih hemat baterai. Soalnya, mode ini akan membuat Smartphone tidak dapat menemukan sinyal dan jaringan internet, sehingga tidak dapat membuat HP menjadi boros baterai. Saran aku sih, aktifkan saja mode ini jika Smartphone sedang dalam keadaan tidak kamu gunakan.

4. Redupkan Layar Dan Jangan Buat Kecerahan Otomatis

Menaikan tingkat kecerahan layar Smartphone akan membuat tampilan layar Androidmu menjadi lebih terang, namun kelemahannya juga akan membuat daya baterai Smartphone menjadi lebih boros. karena pastinya daya yang dikeluarkan jauh lebih besar dibanding layar dengan kecerahan redup. Selain itu, jangan gunakan juga layar kecerahan otomatis karena juga dapat membuat boros baterai, mending atur saja tingkat kecerahan secara manual.

5. Matikan Data Seluler Dan Wifi

Kalau kalian sedang sibuk melakukan pekerjaan atau sebagainya dan tidak menggunakan Smartphone, maka matikan saja data seluler pada Smartphone kalian dan kalau Smartphonemu sedang tersambung jaringan wifi juga matikan saja, agar baterai menjadi jauh lebih hemat.

6. Matikan GPS Lokasi Jika Tidak Digunakan

Fitur GPS Lokasi sebaiknya kalian matikan saja jika tidak digunakan, karena akan membuat daya baterai menjadi berkurang dengan lebih cepat. Penyebab GPS Lokasi boros baterai ialah karena fitur ini akan bekerja keras dalam mencari sinyal untuk melacak posisi perangkat dan juga lokasi.

7. Aktifkan Mode Power Saving

Gunakanlah mode Power Saving walaupun Androidmu sedang kalian gunakan maupun tidak. Soalnya mode yang satu ini akan bekerja dan berusaha meningkatkan performa Smartphone ke tahap yang lebih baik agar daya menjadi lebih hemat.

8. Gunakan Baterai Dan Charger Original

Hal ini juga penting karena baterai dan charger original kinerjanya jauh lebih baik dibandingkan baterai dan charger yang kw. Mungkin jika kamu gunakan baterai atau charger yang kw sekarang ini aman-aman aja, namun lama-kelamaan dapat membuat peforma Androidmu menjadi menurun dan bahkan, lebih parahnya dapat membuat Androidmu menjadi rusak. Maka dari, tetap gunakan yang original ataupun jika baterai atau charger original bawaan rusak, beli yang original aja walaupun harganya jauh lebih mahal dibandingkan yang kw.

9. Gunakan Widget Secukupnya

Gunakan widget secukupnya aja di Smartphone dan jangan sampai berlebihan. Sebab, jika kamu memasang widget dengan jumlah yang terbilang banyak mungkin akan memudahkanmu untuk menggunakan Smartphone, namun juga akan membuat daya bateraimu akan lebih cepat habis. Maka dari itu, cukup gunakan widget secukupnya aja karena selain dapat membuat daya baterai Smartphone kamu menjadi lebih hemat, namun juga akan membuat tampilan layar Androidmu jadi lebih simple dan menarik.

10. Matikan Sinkronisasi Otomatis

Auto syn ialah fitur di Smartphone agar mensinkronisasi secara otomatis akun yang digunakan atau tersimpan di perangkat tersebut ke server, dengan tujuan memberikan notifikasi atau update terbaru dari akun tersebut. Misalnya ya kayak pemberitahuan ada pesan masuk gitu. Namun, kekurangan fitur ini adalah jika terus-menerus diaktifkan dapat membuat daya baterai dan juga kouta menjadi boros. Maka dari itu, matikan saja fitur Auto syn di Smartphone kamu.

11. Matikan Update Aplikasi Otomatis Play Store

Agar kita dapat menggunakan fitur terbaru dari sebuah aplikasi di Smarphone, maka kita harus melakukan update ke versi terbaru aplikasi tersebut. Maka dari itu, lakukan update saja aplikasi yang kamu butuhkan atau sering digunakan aja dan jangan aktifkan update otomatis di Play Store. Soalnya selain bikin kouta Androidmu menjadi boros, update secara otomatis juga bikin daya baterai pada Smartphone kamu menjadi boros. Nah, jadi nonaktifkan aja dan lakukan update secara manual.

12. Jangan Gunakan Smartphone Saat Panas

Saat kalian menggunakan Smartphone untuk bermain game, nonton video, membuka sosial media dll pasti kadang terasa panas kan? nah, sebaiknya kalau sudah terasa panas mending letakan saja Androidmu jangan gunakan dulu dan baru gunakanlah lagi ketika sudah dingin, karena Smartphone yang panas jika kalian masih terus digunakan akan membuat daya baterai Smartphone jauh menjadi lebih boros.

13. Gunakan Fitur Dark Mode

Dark mode atau bisa disebut juga tema gelap ini ternyata juga bisa menghemat baterai di Smartphone Android. Karena fitur ini menampilkan tampilan warna hitam atau gelap di Android, sehingga fitur dark mode selain kelebihannya tidak merusak mata, fitur ini juga akan membuat Smartphone menjadi lebih hemat baterai. Namun sayangnya, fitur dark mode ini tersedia di Android 10.

14. Matikan Notifikasi

Banyak orang atau pengguna Smartphone tidak menyadari bahwa banyaknya notifikasi-notifikasi yang masuk ke Smartphone dari aplikasi, dapat menyebabkan daya baterai pada Smartphone menjadi cepat habis. Maka dari itu, cukup aktifkan beberapa notifikasi aplikasi yang menurut kalian penting saja dan kalau tidak ada mending matikan saja notifikasi dari semua aplikasi, agar baterai menjadi lebih hemat.

15. Matikan Google Assistant

Di Android terdapat sebuah fitur yang memudahkan para penggunanya, yaitu Google Assistant. Fitur ini terbilang canggih karena hanya dengan bilang Oke Google dan dilanjutkan sebuah kata maka Google Assistant akan langsung menjawab. Meski fitur yang satu ini terbilang canggih, namun fitur ini juga menggunakan daya baterai yang banyak. Jadi, jika kalian tidak sering menggunakan fitur ini, maka matikan saja dan aktifkan kembali fitur ini jika ingin digunakan.

Cukup sekian tips yang bisa aku berikan di artikel ini mengenai cara ampuh menghemat baterai Android agar tidak boros. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel-artikel menarik lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel